AtepberitaIkatan Santri DaerahZulqisti

Luar Biasa; Peserta Haul Abuya Hasan dan Sayyidil Walid Meningkat

Peserta Haul Abuya Hasan dan Sayyidil Walid Meningkat
0

Bangil, Dalwa Berita- Aliansi Santri Daerah Jawa Barat (ASAD JABBAR) pondok pesantren Darullughah Wadda’wah menyelenggarakan acara haul pendiri Ponpes Dalwa Abuya Habib Hasan bin Ahmad Baharun dan ulama terkemuka di Jawa Barat Al-Walid Habib Abdurrahman Assegaf yang ke-12. Kamis Malam (09/01/2019). Peserta acara Haul yang ke-12 di Ponpes Dalwa tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,

“Diselenggarakanya acara ini untuk ngalap barokah, juga untuk menyambung lidah tahun kemarin sebab setiap tahunnya kami selenggarakan haul ini.”, tutur Habib Muhammad bin Hamid bin Smith selaku ketua pelaksana acara.

Habib Abdullah juga menuturkan bahwa mulanya acara ini akan dilaksanakan di Qo’ah pondok. Namun setelah pendataan, jumlah peserta membludak, akhirnya alternatifnya adalah dengan konsep Out Door di belakang hotel Dalwa syariah.

“Awalnya kita mau di Qo’ah. Tapi setelah didata, ternyata peserta membludak. Sehingga kita laksanakan acara ini di belakang Hotel Dalwa.” katanya.

Tidak diduga, peserta haul ini mencapai 1187 orang. Ditambah dengan Asatidzah dan tamu  undangan, seperti Habib Abu Bakar Mauladawilaih, Habib Salim Mauladawilaih, Habib Abdullah bin Muhsin Al-Athos dan Habib Saugi Al-Habsyi yang merupakan pembina Majelis Madinatul Habib, Jakarta.

Habib Abu Bakar sempat berpesan dalam sambutannya untuk selalu menapak tilasi jejak guru dan para pendahulu, berkhidmah dan taat pada semua yang diperintah oleh guru selama tidak keluar dari jalur syariat.

Walaupun sempat diundur beberapa hari, acara yang dihadiri oleh seluruh santri Jawa Barat ini berjalan sukses. Muhammad bin Smith selaku ketua panitia pada acara kali ini meminta maaf atas diundurnya acara beberapa minggu lau.

“Kami meminta maaf atas ketidak konsistenan panitia karena diundurnya acara. Hal itu disebabkan bertabrakannya jadwal dengan acara lain.” Tutur ketua panitia.

 “Anggaran mencapai 31 juta. Awalnya 50 juta, karena kita mau mengundang Pak Anies Baswedan. Namun karena beliau juga sibuk, akhirnya tidak jadi.” ungkap Habib Muhammad bin Smith.

Beliau juga mengatakan, dibanding dengan acara tahun lalu, haul tahun ini jauh lebih banyak. Para peserta juga sangat antusias mengikuti acara.

“Kemarin juga banyak, tapi lebih banyak tahun ini. Jadi kedepannya harus lebih baik lagi, sebab nanti akan semakin banyak pesertanya.” Katanya.

Dari usai maghrib, acara dimulai dengan pembacaan maulid nabi, pembacaan kalam Ilahi dan sambutan-sambutan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan manaqib Abuya Hasan dan Al-Walid Habib Abdurrahman Assegaf. Selain itu, mauidzoh hasanah dari Al-Habib Abu Bakar Mauladawilaih menambah antusias santri dalam mengikuti acara ini.

Setelah mendengarkan wejangan, acara dilanjut dengan membaca tahlil, doa dan tawassul Sayyidil Walid Al-Habib Abdurrahman bin Ahmad bin Abdul Qodir Assegaf sebagai penutup.

Sundawa, santri asal Bogor mengungkapkan kegembiraannya saat mengikuti acara haul yang menghabiskan dana hingga 31 juta rupiah ini.

“Luar biasa, karena jarang sekali ASAD JABBAR berkumpul. Sekarang melalui acara haul ini, kita bisa berkumpul bersama-sama lagi.” ungkapnya.Atep,Dzulqisti/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Fenomena Nyeker Yang tak Bisa dibendung

Previous article

Santri Dalwa Sambut Lailatut Takrim Dan Tasmiyah Dengan Gembira

Next article

Comments

Leave a reply