beritaEvent Pondok

Santri Jawa Timur Semarakkan Festival Sastra Religi Jombang

0

 

Hari santri di tahun 2017 kali ini memang lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya. hal ini dapat dilihat dari antusiasme pondok pesantren santri dan masyarakat dalam berpartisipasi mengikuti event-event yang diadakan panitia di masing-masing daerah.
Kamis, (12/10/ 2017) seluruh santri mewakili berbagai pesantren di Jawa Timur berkumpul di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’aarif  Denanyar Jombang untuk berpartisipasi dalam festival sastra religi tak terkecuali pondok pesantren Darullughah Wadda’wah. Antusiasme para santri yang mencapai 1200 lebih menjadi bukti bahwa peradaban islam di Indonesia di masa mendatang masih terdapat harapan titik cerah.
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. H. Mohamad Nasir Ph.D., Ak. juga turut hadir memberikan apresiasi dan sambutan dalam Festival sastra religi kali ini. Terlibatnya Menristekdikti menjadi inspirasi bagi generasi santri, agar mereka terus mengembangkan keilmuan dalam berbagai bidang. Ilmu agama menjadi sebuah pondasi kokoh dalam mengembangkan keilmuan dari berbagai dimensi. Harapannya, santri lebih aktif dalam berbagai bidang seperti politik, hukum, arsitek dan lain-lain.
Kitab-kitab yang dilombakan pada Kategori baca kitab Kuning (Qiro’atil Kutub) dan Hafalan Nadzom (Hifdzin Nadzom) terbagi menjadi tiga tingkatan, Ulaa, Wustho, dan ‘ulya. Tingkatan Ulaa yang dilombakan adalah kitab Fath Al Qorib dan Nadzom ‘Aqidatul ‘Awaam, Tingkat Wustho  ialah Kitab Tafsir Jalalain dan Nadzom ‘Imrithy, sedangkan tingkat ‘Ulya adalah Kitab Ihya’ Ulumuddin Karya Imam Abu Hamid al Ghozali dan Nadzom ‘Alfiyah ibnu Malik.
Adapun delegasi dari pondok pesantren Darullughah Wadda’wah belum mendapatkan juara, Namun, inti dari perlombaan bukanlah semata-mata menentukan kekalahan dan kemenangan, musabaqah ini memiliki tujuan meningkatkan santri untuk berprestasi. Memberikan dukungan dan motivasi penuh agar santri penuh spirit untuk menggali potensi diri.
Sedangkan Juara Umum Puteri diraih oleh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiat Lirboyo-Kediri dan Juara Umum Putera dimennagkan oleh Pondok Pesantren Al-Falah Ploso-Kediri. 
admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

BEM INI Dalwa Utus Delegasi pada Kongres ke 4 BEM/DEMA PTAI Se-Indonesia

Previous article

Partisipasi UKM Fokus dalam Youth Summit Jabalnusra 2017

Next article

Comments

Leave a reply