beritaKampuspascasarjanaPKKMBProgram doktoralTaslim

164 Mahasiswa Pascasarjana UII Dalwa Jalani Tasma 2024

0

Bangil, Dalwa Berita – Ta’aruf Studi Kampus dan Almamater (Tasma) Pascasarjana Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah diadakan pada hari Senin (12/08/2024) di Dalwa Hotel Syari’ah.

Kegiatan Tasma diawali dengan ziarah bersama ke makam pendiri Ponpes Dalwa Abuya Hasan Baharun dan Hubabah Khodijah binti Muhammad Al-Hinduan. Membaca surat Yasin dan tahlil, mengharap berkah.

Usai ziarah, calon mahasiswa Pascasarjana langsung sowan ke Abuya Zein bin Hasan Baharun, Pengasuh Ponpes Dalwa. Mereka bersalaman satu persatu ke Abuya Zein, ridho dan pandangan darinya yang mereka harapkan.

Calon mahasiswa Pascasarjana tahun ini yang berhadir mencapai 164 mahasiswa, 24 program doktoral dan sisanya program magister. Mereka bukan hanya dari pulau Jawa saja tapi juga dari luar pulau seperti Sumatera dan Kalimantan. Bahkan diantaranya ada yang sudah menjadi tokoh masyarakat.

“Saya memang cari S2 yang bisa online, dan di Dalwa ini bisa. Selain itu Dalwa juga namanya baik,” ujar Ahmad Ridwan santri Al-Anwar Sarang-Rembang mengungkapkan alasannya kuliah di UII Dalwa.

Tasma Pasca akan berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa dengan dibagi di dua tempat yaitu Rhoushefah room lt.3 dan Ravva room lt.6 Dalwa Hotel Syari’ah. Selain peserta yang hadir secara langsung di tempat Tasma, ada juga yang ikut Tasma via Zoom.

Di waktu yang sama, mahasiswi Pascasarjana juga ikut Tasma via Zoom di Dalwa banat.

Hari pertama Tasma dipadati dengan penyampaian beberapa kata sambutan dari dewan rektorat, direktur Pascasarjana, wakil direktur I, II dan III, kemudian pemutaran vidio profil program Pascasarjana dan terakhir calon mahasiswa Pasca diharuskan mengikuti pelaksanaan haul Abuya Hasan Baharun dan mengenang 40 hari wafatnya Hubabah Khodijah Al-Hinduan di Ponpes Dalwa pusat.

Hari kedua nanti, pukul 7 peserta sudah harus kembali ke ruangan untuk perkenalan dengan Kaprodi masing-masing jurusan. Ada tiga program studi di Pascasarjana UII Dalwa, PBA, MPI untuk magister, dan PAI untuk doktoral.

Kemudian, di hari kedua juga calon mahasiswa Pasca akan diberitahu hal-hal yang akan mereka jalani selama menjadi mahasiswa Pasca. Mulai dari ketentuan, peraturan dan kebijakan dalam studi jenjang magister, mata kuliah yang akan pelajari hingga kompetensi masing-masing Prodi.

Tak cukup hanya disitu, peserta Tasma akan diarahkan untuk mencari judul dan penulisan rencana tesis. Hari kedua akan lebih padat dari hari pertama.

“Harapannya Abuya (Abuya Zein) adalah, santri ini banyak yang ikut kuliah agar di masyarakat manfaatnya lebih besar, karena bagaimanapun orang yang kuliah dengan yang tidak kuliah, manfaatnya lebih besar mereka yang sudah kuliah. Tapi dengan catatan agamanya juga jalan,” kata Dr. Zainal Abidin, M. Pd. Direktur Pascasarjana mengutip harapan Pengasuh Pesantren Dalwa.

“Beliau juga berpesan adab dan akhlaq, itu yang terpenting,” lanjut Dr. Zainal.Taslim/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Ketua Badan Tarbiyyah Watta’lim PP. Sidogiri Bahas Peran Tafsir Buat Gen-Z di Dalwa

Previous article

Mengenalkan Sosok Abuya Hasan, Ponpes Dalwa Adakan Talkshow Bersama Ustaz Yahya

Next article

Comments

Leave a reply