beritaEvent PondokGyoPondok Pesantren

2 Hari Jelang Ujian Semester, Lihat Ketentuan dan Persyaratannya

0

Bangil, Dalwa Berita – 2 hari menjelang ujian semester ganjil Ponpes Darullughah Wadda’wah, para santri sudah terlihat mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian.

Ujian semester I akan dimulai pada Ahad, 1 September 2024 M, diikuti oleh seluruh santri aktif Ponpes Dalwa tanpa terkecuali santri baru walaupun baru 2 bulan kurang mereka tinggal di pesantren, hanya saja pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan bahasa Arab yang akan diujikan untuk mereka.

Pelajaran yang akan diujikan untuk santri baru tersebut adalah hafalan Kitab Muhawaroh, Af’al Yaumiyyah, Al-Asma’, dan Amtsilah Attashrifiyyah untuk kelas 3 Ibtida’ ke bawah, ditambah pelajaran Insya’ untuk kelas 4 Ibtida ke atas.

Ujian adalah ajang untuk mengukur sejauh mana kadar kemampuan setiap santri selama pembelajarannya di pesantren satu semester ke belakang. Total 24 pelajaran yang akan diujikan oleh santri kelas Aliyyah.

Ujian akan dilaksanakan di seluruh ruangan di Dalwa pusat, termasuk Mabna Abuya Hasan, gedung baru yang mulai dipakai dari tahun ini. Maka dari itu ujian tahun ini akan dilaksanakan serentak di pagi hari, kecuali santri baru diadakan pada sore hari.

Ujian diselenggarakan dalam kurun waktu 12 hari, sampai Sabtu, 14 September 2024 M.

Untuk mengikuti ujian semester tersebut para santri terlebih dulu diharuskan memenuhi persyaratan administrasi ikut serta ujian, seperti yang disampaikan Ustaz Alfan, “Termasuk (syarat ujian) harus melunasi iuran wajib, SPP bulanan, dan uang galon (pembayaran Dalwa Water) juga termasuk persyaratan”.

Akan tetapi, beliau juga menginfokan adanya keringanan untuk santri yang memang tidak mampu untuk memenuhi persyaratan ujian.

“Pasti ada samahah (keringanan) dan seterusnya akan ada, tapi nanti akan didatengi diruangan ujiannya setiap hari sampai dia bayar,” katanya mengabari.

Ustaz Alfan berharap agar para santri belajar bukan karena ujian tapi memang keharusan sebagai seorang santri.

“Ana harap mereka belajar bukan cuma untuk ujian, tapi mereka belajar memang untuk menambah wawasan mereka supaya ke depannya bisa menjadi orang yang manfaat,” harapnya.Gyo/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Reuni Akbar UKM FOKUS, Demisioner; Jangan Padamkan Api-Api Yang Telah Kami Nyalakan

Previous article

Melihat Suasana Haul Akbar Abuya Al-Habib Hasan Ke-26 di Bandung

Next article

Comments

Leave a reply