beritaEvent PondokIpulPondok PesantrenQism Dakwah DalwaSeminarUlama

Ketua Badan Tarbiyyah Watta’lim PP. Sidogiri Bahas Peran Tafsir Buat Gen-Z di Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – Seminar umum bertema “Peran Tafsir Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Santri Di Gen-Z” bersama Ustaz Abdur Roqib, M. Pd. dari Sidogiri, diselenggarakan di masjid Baitul Ghoffar Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah pada Sabtu malam (10/8/2024).

Seminar tersebut diadakan oleh Departemen Dakwah Ponpes Dalwa. Turut berhadir pada seminar tersebut Ustaz Abdul Adzim, Ustaz Edy Mahmud dan Ustaz Amin Qoimuddin.

Pada kesempatan yang penuh berkah itu Ustaz Abdur Roqib menjelaskan beberapa hikmah-hikmah yang terdapat dalam surah-surah dalam Al-Qur’an, salah satunya hikmah dibalik kisah perjumpaan Nabi Musa a.s dengan Nabi khidir a.s yang terdapat di dalam surah Al-kahfi, yaitu etika-etika antara seorang guru dan murid.

“Murid apabila sudah masuk kedalam tarbiyyah gurunya harus siap mengikuti aturan mainnya,” tutur Ustaz Roqib menjelaskan.

Ketua Badan Tarbiyyah Watta’lim di Pondok Pesantren Sidogiri tersebut juga menyingkap bahwa setiap seperempat Al-Qur’an diawali dengan kalimat Alhamdulillah, siapa yang paham akan hal itu niscaya ia akan menjadi pribadi yang bersyukur.

“Jikalau orang mengerti bahwa Al-Qur’an dalam setiap seperempatnya dibuka dengan kalimat Alhamdulillah maka orang itu akan jadi pribadi yang bersyukur,” papar beliau.

Tanpa dibawa tegang Ustaz Roqib menguraikan seminar tentang tafsir, sehingga para santri dapat memahami penyampaian yang beliau bawakan.

“Selama bisa memahami Alhamdulillah di Al-Qur’an mau itu dari generasi gen-Z, Headset, powerbank atau Charger, maka pasti bisa jadi Insan Qur’ani,” ucap beliau dengan sedikit guyon.Ipul/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Kisah Abuya Hasan dan Santri Bermain Layangan

Previous article

164 Mahasiswa Pascasarjana UII Dalwa Jalani Tasma 2024

Next article

Comments

Leave a reply