beritaEvent PondokIpulRedaksi

Bersama Habib Muhammad bin Anies Shahab, Dalwa Adakan Dzikir Nasional dan Seminar Kebangsaan

0

Bangil, Dalwa Berita-Sebagai puncak dari rentetan kegiatan di hari kemerdekaan, Ponpes Dalwa adakan Dzikir Nasional dan Seminar Ilmiyah bertajuk “Perjuangan Ulama dan Santri Dalam Mewarnai Kemerdekaan”.

Acara yang dihelat di Masjid Baitul Ghoffar, kompleks Dalwa Pusat ini dinarasumberi oleh Al-Habib Muhammad bin Anies Shahab.

Di kesempatan ini Habib Muhammad Shahab membeberkan arti kata kemerdekaan menurut pandangan beliau kepada seluruh santri.

“Merdeka itu adalah terlepasnya seseorang dari belenggu tirani, penjajahan untuk mendapatkan suatu kondisi yang ia lebih ridha disana,” ucap sosok yang akrab disapa bin Anies ini, Senin malam (19/8/24).

Da’i yang pernah mengenyam pendidikan di Ma’had Darul Musthofa, Hadramaut, Yaman itu mengatakan bahwa Indonesia ini merdeka karena rahmat Allah Ta’ala dan niat yang hanya karena Allah.

“Indonesia ini Merdeka karena rahmat Allah dan niat (perjuangan) tulus karena Allah,” ujar beliau.

Kemudian beliau mengutip perkataan Guru beliau, Al-Habib Umar Bin Hafidz yang berbunyi:

“Kalau satu kekuatan (menjaga negara) bukan karena Allah, maka kalian akan berhadapan dengan dengan orang yang lebih kuat senjatanya, di kalau kalian berniat menjaga karena Allah, maka Allah akan menolong kalian,” kutip beliau

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa esinsi kemerdekaan bagi seorang manusia adalah ketika seorang insan mampu memenangkan peperangan melawan hawa nafsunya.

“Orang yang bisa melawan hawa nafsunya adalah orang yang merdeka,” kata beliau.

Setelah dilaksanakannya acara tersebut beliau berharap kepada seluruh santri agar bisa mengikuti jejak para pahlawan yang berpegang teguh dengan dua kalimat syahadat agar selamat dunia dan akherat.

“Untuk masa depan saya berharap kepada santri-santri Dalwa untuk bisa mnegikuti jejak para pahlawan yang berpegang teguh kepada Laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah. Supaya bisa terus memenangkan perjuangan melawan setan dan hawa nafsu untuk menjadi orang yang selamat di dunia dan akherat,” tutur beliau manakala diwawancarai oleh tim Dalwa berita.Ipul/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

PKKMB 2024 Resmi Dimulai, Berikut Beberapa Himbauan Buat Mahasiswa Baru

Previous article

Warnai Kemerdekaan, Dalwa Adakan Bermacam Perlombaan

Next article

Comments

Leave a reply