beritaEvent PondokSaiful

Peringatan 100 Hari Wafatnya Hubabah Khadijah

0

Bangil, Dalwa Berita – Ahad malam (13/10/2024), ribuan orang datang ke Ponpes Dalwa guna  mengenang 100 hari wafatnya Hubabah Khodijah binti Muhammad Al-Hinduan.

Lapangan utama Ponpes Dalwa Pusat sudah ramai dipadati jamaah sejak maghrib yang datang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia bahkan mancanegara.

Terlihat seluruh lapisan masyarakat berkumpul bersama dalam barisan, mulai dari ulama dalam negeri sampai luar negeri juga tidak ketinggalan dari kalangan pejabat. Semuanya berhadir untuk mengenang 100 hari wafatnya Hubabah Khodijah.

Diantara mereka yang hadir adalah Dr. Syekh Bakri dari Sudan, Habib Muhammad bin Idrus Al-Haddad, Habib Muhammad bin Musthofa Assegaf, Habib Shodiq Baharun dan Al-Ustadz Qoimuddin. Ada juga dari Hadramaut, Yaman, Al-Habib Abdullah Al-Masyhur. Dari pemerintahan ada Calon Bupati Pasuruan, KH. Abdul Mujib Imron, SH., M.H., hadir pula Bapak H. Azwar Anas S.Pd., S.S., M.Si. selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Demokrasi Indonesia bersama sang adik yang merupakan Anggota DPR RI Fraksi PDIP 2019-2024  drH. Mufti Aimah Nurul Anam, M.I.Kom. .

Acara diawali dengan pembacaan surah Al-Fatihah dipimpin oleh Al-Habib Ahmad Al-Haddad yang kemudian dilajutkan dengan pembacaan Maulid Simtutdhuror oleh Abuya Al-Habib Ali Zainal Abidin Bin Hasan Baharun selaku Shohibul Beyt.

Pembacaan surah Yasin dan Tahlil dipimpin oleh Al-Habib Muhammad Bin Idrus Al-Haddad, kemudian Al-Habib Ali Bin Hasan Baharun selaku perwakilan keluarga besar Al-Hubabah Khadijah memberikan sambutan.

Diantara sambutan yang disampaikan beliau adalah ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir dan yang telah banyak membantu atas terselenggaranya kegiatan ini, beliau berharap dengan berkumpul bersama para ulama di acara tersebut menjadi sebab terkumpul dengan mereka juga di akherat kelak.

“Semoga dengan kita duduk bersama orang-orang Sholeh kita ditakdirkan duduk bersama dengan mereka di padang Masyhar”, ucap beliau.

Juga beliau berpesan kepada seluruh yang hadir agar senantiasa berbakti kepada kedua orangtua terlebih kepada Ibu.

“Beruntung kalian yang masih punya ibu! Itu adalah pintu surga kalian”, tutur pengasuh Dalwa I dan II itu.

Kemudian dilanjutkan sambutan dari tamu undangan dari luar negri yaitu Al-Habib Abdullah Al-Masyhur yang merupakan keturunan dari pengarang kitab Fiqh Bughyah al-Mustarsyidin, Al-Allamah Sayyid Abdur Rahman Ba’alawi. Dalam peyampaiannya beliau menyatakan acara pada malam tersebut tak lain adalah bukti anak-anak yang bakti kepada orangtua.

“Acara ini tidak lain adalah tampaknya bakti anak terhadap orangtua”, ujar beliau.

Sambutan yang terakhir adalah dari bapak Menteri  PAN RB, H. Azwar Anas S.Pd., S.S., M.Si.  Dalam sambutannya beliau berharap agar yang hadir bisa mengambil pelajaran dari sosok Hubabah yang semasa hidupnya tidak pernah mengajarkan kepada anak-anaknya untuk berburuk sangka kepada orang lain apalagi sampai meggunjingnya.

Beliau juga memuji keberhasilan Abuya Hasan dan Hubabah Khadijah dalam mengelola pesantren yang menjadi tempat pencetak kader-kader ummat yang yang akan menjadi penerus bangsa nantiya.

“Semoga Pesantren ini memberikan ketauladanan bagi Pesantren lainnya”, harapnya.Ipul/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

UII Dalwa Sukses Adakan KKN Internasional 2024

Previous article

MUDAHNYA MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE ISTIMA’

Next article

Comments

Leave a reply