beritaEvent PondokIlham Maulidi

Babak Penyisihan Lomba Baca Syi’ir FILA Berlangsung Meriah

0

Bangil, Dalwa Berita – Babak penyisihan lomba baca syair bahasa Arab pada ajang lomba Festival Ihya’ Lughah Arabiyah, Rabu (03/01/2023) di Kantor Departemen Bahasa Arab Ponpes Darullughah Wadda’wah berlangsung meriah.

Lomba yang diikuti oleh 30 peserta tersebut merupakan delegasi dari setiap Ittihad besar (organisasi santri antar daerah) di Ponpes Dalwa, di antaranya Aswaja, As-Syaja’ah, Asad Jabar, Iskab dan Israr.

Muhamad Wirdianhaq selaku penanggung jawab memaparkan bahwa lomba tersebut diadakan guna meningkatkan semangat santri dalam membaca syair bahasa Arab.

“Kita ingin meningkatkan semangat santri dalam lomba syi’ir dan utamanya untuk memeriahkan event FILA,” paparnya.

Untuk tema syair, panitia memilih tiga tema untuk dilombakan, yaitu Ana Santri, Risalah Minhajul ma’, Ajmalu Hubbin.

Wirdian juga turut memaparkan, bahwa 3 judul syair tersebut dipilih karena sering digunakan pada ajang kejuaraan membaca syair di luar pesantren, serta salah satu judul yang bertajuk Ana Santri tersebut asli karangan santri Dalwa.

“Satu adalah karangan santri Dalwa. Yang kedua kita ambil tema terbaik yang sering digunakan lomba-lomba luar (pesantren),” tukasnya.

Untuk penilaian lomba tersebut, panitia memberikan empat kriteria penting, seperti vokal, penguasaan panggung, penafsiran puisi dan ekspresi.

“Penilain dari segi vokal, yang kedua penafsiran puisi dan ekspresi, yang keempat penguasan panggung,” pungkasnya.

Lomba tersebut hanya dibagi menjadi dua babak, yaitu penyisihan dan final. Untuk masuk ke babak final, peserta hanya diambil enam orang.

Habib Hasan bin Hamid Al-Habsyi selaku juri pada lomba tersebut mengutarakan tanggapannya tentang penampilan peserta.

“Penampilan sekarang jauh lebih baik. Al-Faqir (saya) yakin jika mereka diterjunkan di luar (dilombakan), mereka bisa bersaing di kancah nasional,” ucap beliau.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Syekh asal Madinah Kunjungi Dalwa

Previous article

Putra Habib Abu Bakar Al-Adni Bersilaturahim ke Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply