beritaEvent PondokRamadhanTaslim

Bazar Ramadhan Jadi Media Belajar Bisnis Santri

0

Bangil, Dalwa Berita – Panitia Dauroh Romadhoniyyah kembali menggelar Bazar Ramadhan 1443 H. Lokasi bazar tersebut berada di bangunan baru Syirkah Dalwa yang dibuka dari tanggal 1 Ramadhan (3/4/2022) lalu, sampai tanggal 19 Ramadhan (21/4/2022) nanti.

Ahmad Dzulqisti mengatakan tujuan bazar ini untuk mencari dana Dauroh Romadhoniyyah dan untuk menghibur para santri Dalwa di bulan Ramadhan.

“Tujuan Bazar ini untuk mencari dana (kegiatan) Ramadhan dan tasliyyah (hiburan),” ucap Ketua Divisi Penyelenggara Bazar itu.

Jumlah stand di Bazar Ramadhan mencapai 35 stand, meliputi 25 stand food dan 10 stand nonfood. Jam bukanya mulai dari setelah salat Maghrib berjamaah, sampai pukul 19.30 WIB dan dilanjut setelah salat Tarawih sampai pukul 02.00 WIB. Para santri tidak boleh berada di area bazar selain jam buka dan tidak boleh majlas (nongkrong) di area bazar.

Setiap pengisi stand di Bazar Ramadhan ini dipotong 5% untuk stand nonfood dan 7% untuk stand food. Adapun yang mengisi standstand ini mayoritas asatidzah dan sisanya panitia Dauroh Romadhoniyyah.

Salah satu pedagang bernama Alyas Faruq merasa senang dan mengaku bahwa Bazar Ramadhan bisa menjadi lahan khidmah dan melatih kemampuan bisnis santri.

“Senang dengan bazar ini, bisa menjadi lahan khidmah serta melatih kemampuan bisnis santri seperti saya,” akunya kepada Dalwa Berita.

“Biar kita kalau udah kaya usaha-usaha kita dibantu sama orang lain,” ungkap Salim, penjaga stand lainnya.

Adapun tanggapan dari para santri (konsumen) tentang bazar tahun ini, mereka begitu antusias dengan kelengkapan dan kebersihannya.

“Kalau untuk bazar tahun ini lebih istimewa bagi saya, mumtaz sudah. Di sana serba ada, lengkap, nasi apa aja ada di situ. Untuk ruangan juga lebih bersih, kalau kita ke sana juga udah kaya jualan sawaan (beneran) gitu,” kata Habib Abu Bakar Aladni Al-Idrus, santri asal Bekasi.

Konsumen juga mengatakan, bahwa Bazar Ramadhan ini menyediakan harga murah yang sesuai dengan uang jajan santri.

Kalo dari harga, segi dompet sih pas ya, standar, harganya standar,” ungkapnya.Taslim/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Dalwa Masterchef Turut Memerihakan Malam Ramadhan

Previous article

Malam Puncak Semifinal Pertandingan Voli dan Futsal Berlangsung Sengit

Next article

Comments

Leave a reply