beritaHilmiKampus

Begini Kegiatan Mahasiswa HKI UII Dalwa Melaksanakan PKL di PA Kota Pasuruan

0

Pasuruan, Dalwa Berita – Mahasiswa Universitas Islam Internasional Dalwa yang melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan di Pengadilan Agama Kota Pasuruan mendapatkan pujian dari hakim pembina.

Kegiatan PKL ini telah berlangsung sejak hari Senin (02/01/2023).

Muhamad Khairuddin, S.H.I. selaku Hakim Pengadilan Kota Pasuruan sekaligus pembina mahasiswa Praktek Kerja Mapangan UII Dalwa mengungkapkan kesan beliau ketika membibing mereka dalam melaksanakan program tersebut.

“Jadi saya sudah tiga kali menerima mahasiswa untuk PKL. Kalau untuk Dalwa ini, kesan saya yang pertama mereka ini aktif, artinya bahwa mereka mau belajar, mau praktek dan mau melakukan segala sesuatu yang dibutuhkan PA,”  papar beliau ketika diwawancara oleh pers Dalwa Berita pada Kamis (12/01/2022).

Imam Nawawi selaku Ketua Kelompok PKL PA (Pengadilan Agama) Kota Pasuruan juga memaparkan bahwa mahasiswa memiliki beberapa program penting, antara lain menghidupkan musholla, membaca Al-Qur’an sebanyak dua juz setiap hari, membaca wirid di pagi hari dan membuat video pembelajaran. Sebagai program lanjutan, mahasiswa PKL juga akan berbagi pengalaman bersama adik kelas.

“Program membuat tutorial (video) untuk orang yang ingin datang ke pengadilan, membaca rotib Imam Haddad, membaca dua juz setiap hari, menghidupkan musholla di pengadilan dan sebagai program lanjutan kita akan membuat kelas untuk sharing hal yang kita dapat di pengadilan.”

Tidak hanya itu, mereka mengajarkan ilmu Nahwu serta bahasa Arab kepada para pegawai PA kota Pasuruan.

“Disamping mereka (mahasiswa PKL) belajar di sini, mereka turut mengajarkan bahasa Arab dan ilmu Nahwu, karna mereka yang ingin menjadi hakim di pengadilan agama harus bisa membaca kitab gundul,” ucapnya.

Dalam pelaksanaannya peserta PKL ditugaskan di berbagai divisi yang berada di pengadilan.

“Akhirnya alfaqir meminta izin agar teman-teman ditempatkan di beberapa tempat yang memiliki andil besar di pengadilan, melaksanakan pengerucutan berkas lama, di bagian anjungan gugatan mandiri, bagian sekertariat dan bagian panitera.”

Muhamad Khairuddin, S.H.I. mengungkapkan pesan beliau kepada peserta PKL prodi HKI tahun ini.

“Pesan bagi teman mahasiswa, satu yang paling pentig yaitu belajar. Kalau teman-teman bergerak di hukum keluarga, satu yang perlu teman-teman ketahui yaitu hukum Islam, yang kedua kalian tidak bisa lepas dari hukum perdata, itu harus benar-benar di pelajari,” pesan beliau kepada peserta PKL PA kota Pasuruan.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Haul Sayyidul Walid Beserta Acara Akhir Tahun Asad Jabar Berjalan Lancar

Previous article

Kumpulan Foto Habib Segaf Baharun Cocok Buat Wallpaper

Next article

Comments

Leave a reply