AlumniberitaEvent PondokIlham Maulidi

Beri Semangat agar Ikut Multaqo, Ustaz Abdul Salam Rela Naik Motor dari Palembang

0

Bangil, Dalwa Berita – Ustaz Abdul Salam, salah satu alumnus dari Palembang, hadir dalam acara Multaqo Al-Hasaniyyah ke-10 menggunakan sepeda motor dari rumahnya.

Beliau mengungkapkan, bahwa dirinya melakukan hal ini untuk menghemat pengeluaran biaya dan menyemangati alumni agar bisa ikut dalam Multaqo yang di gelar dua tahun sekali ini.

“Jangan cari alasan untuk tidak hadir, tapi cari alasan untuk tetap hadir. Terutama alumni dari Jawa, masa al faqir dari Palembang bawa motor, sedangkan dari Jawa gak datang. Ini semua sebagai motivasi buat mereka,” ujarnya saat diwawancara tim Dalwa Berita pada Rabu (2/2/2022) di Ponpes Dalwa.

Beliau menggunakan sepeda motor sebagai transportasi untuk pergi mengikuti Multaqo bersama temannya, Jery, dari komuitas motor Bikers Subuhan. Beliau bergabung dengan komunitas itu sejak tahun 2017 sambil berdakwah.

Dari rumahnya, beliau berangkat setelah salat shubuh pada hari Jumat. Selama di perjalanan, beliau menargetkan untuk tidak berhenti mengendarai motor sebelum melaju selama 3 jam. Bahkan ketika tiba di Lamongan, hujan turun dan motor tetap melaju tanpa henti hingga sampai di Surabaya pada Ahad malam.

“Di Surabaya itu istirahat full. Tidur, tok,” katanya.

Sebenarnya, kata beliau, banyak tempat istirahat ketika di perjalanan. Teman-temannya sudah siap menyambut jika dirinya mampir. Namun, beliau terkadang lebih memilih istirahat di pom bensin agar tidak merepotkan orang lain.

“Bahkan mereka langsung nge-WA kita, ‘Bang, dimana posisi sekarang?’. Kadang kita gak balas, takut ngerepotin, lah,” katanya.

Perlu diketahui, Ustaz Abdul Salam pernah belajar di Ponpes Dalwa tahun 2001 hingga 2008. Setelah itu, beliau berdakwah di Palembang dengan bergabung bersama komunitas motor. Beliau mengungkapkan bahwa dirinya berdakwah dengan bilhal (perilaku dan akhlak). Karena menurutnya, dakwah bilhal lebih diterima di kalangan komunitas motor.

Beliau juga merasa terharu ketika menghadiri acara Multaqo yang banyak dihadiri alumni walaupun kondisi masih pandemi. Dengan total biaya Rp250 ribu, beliau mampu mengendarai sepeda motor dengan jarak 1400 KM untuk menyemangati alumni agar hadir Multaqo. Selain itu, beliau juga ingin memotivasi anaknya yang sedang belajar di Ponpes Dalwa Putri agar lebih giat lagi dalam belajar.

“Setiap Multaqo kita hadir. Sekarang ini pakai motor untuk menyemangati yang lain, terutama para mutakharrij yang baru lulus itu. Juga ada anak saya di Banat. Tadi kita dadah-dadahan dari jauh karena gak bisa ketemu langsung, kan,” katanya.Ilham/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Bergembira atas Pernikahan Habib Ahmad bin Segaf Baharun

Previous article

HMJ HKI IAI Dalwa Gelar Seminar Bahas Feminisme

Next article

Comments

Leave a reply