beritaEvent PondokIlham MaulidiRamadhan

Beruntung! Santri Berprestasi Mendapat Penghargaan di Bulan Penuh Berkah

0

Bangil, Dalwa Berita – Pondok Pesantren Darulluhgah Wadda’wah kembali mengadakan Lailatut Takrim untuk santri berprestasi di Lapangan Dalwa Pusat pada Ahad malam (04/04/2022).

Lailatut Takrim kali ini bertepatan dengan malam kedua bulan Ramadhan. Acara ini diisi dengan pemberian penghargaan kepada santri yang berturut-turut mendapatkan nilai sempurna pada Ikhtibar bulanan semester genap tahun ajaran 1442/1443 H dan pemberian penghargaan kepada santri penghafal Nadzom Alfiyyah Ibnu Malik dan Zubad terbaik. Sebanyak 11 santri yang ikut dalam pemberian penghargaan tersebut.

Al-Habib Ali Baharun mengungkapkan bahwa pemberian penghargaan kepada penghafal terbaik Nadzom Alfiyyah Ibnu Malik dan Zubad sudah diselenggarakan sejak lama, akan tetapi pada dua tahun terakhir tidak diselenggarakan karena masa pendemi, sehingga baru bisa diselenggarakan pada tahun ini.

Qismu Tahfidz juga mengungkapkan bahwa diadakan kembali acara pemberian penghargaan kepada santri dengan hafalan terbaik Nadzom Alfiyyah Ibnu Malik dan Zubad ini untuk memberikan semangat kepada santri dalam menghafal Hifidz Mutun mereka yang dilakukan setiap malam.

“Mudah mudahan adanya malam penghargaan ini menjadi motivasi buat yang lain dalam semangat menghafal dan mempertahankan hafalannya dengan diulang-ulang,” tutur Ustadz Syahrul Iswan.

Adapun untuk tim penguji langsung dari Mudirul Ma’had (Abuya Al-Habib Zein Baharun), Al-habib Ali Baharun, Ustadz Qoimudin dan juga anggota Ar-Ridwan, Yaitu Syaikh Yasin Al-Marashili dan Syaikh Sofwan Al-Marashili juga ikut dalam menguji santri dalam hafalan Nadzom Alfiyyah Ibnu Malik dan Zubad.

Utsman Mustofa yang mendapatkan nilai terbaik dalam hafalan Nadzom Alfiyyah Ibnu Malik dan Zubad mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang  bisa ikut acara Lailatut Takrim.

“Senang banget bisa mengikuti acara seperti ini, karena acara ini yang saya nantikan dari dulu,” ucap santri kelas Tsany Aly itu.

Setelah acara Lailatut Takrim, dilanjutkan dengan pembukaan ORDA (Olimpiade Ramadhaniyah) secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Mudirul Ma’had dan jajaran asatidzah. Kemudian para santri dari perwakilan berbagai kontingen daerah melakukan pawai di tempat acara.

Muhammad Teguh mengungkapkan pembukan ini dilakukan dadakan tidak ada persiapan dari sebelumnya. Walaupun begitu, acara pembukaan tersebut berjalan dengan lancar.

Beliau juga mengungkapkan kembali bahwa diadakan ORDA ini untuk menghibur santri Dalwa di masa Ramadhan. Ada bermacam-macam perlombaan yang akan diadakan, di antaranya seni dan bakat, olimpiade Al-Quran, bahasa Arab, olah raga dan tradisional.

“Bisa menghibur kita yang lagi Ramadhan di pondok ini. Juga bisa dengan ORDA ini ada perlombaan bisa mendekatkan diri kita kepada Allah,” tuturnya.Ilham/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Sambut Bulan Suci, Ponpes Dalwa 3 Adakan Grand Opening Ramadhaniyah

Previous article

Mengharap Berkah, Panitia Ramadhaniyah Adakan Olimpiade Al-Qur’an

Next article

Comments

Leave a reply