beritaIkatan Santri DaerahSandi

Bukber Puasa Hari Asyuro dan Hauliyah Syaikh Samman Al-Madani bersama Ittihad ISRAR

0

Bangil, Dalwa Berita – Ittihad ISRAR (Ikatan Santri Banjar) laksanakan buka puasa Asyuro (10 Muharram) bersama, sekaligus adakan Hauliyah Syaikh Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Hasani Al-Madani, pada Selasa sore (8/8/2022) di belakang Hotel Dalwa Syariah.

Pihak panitia menyampaikan bahwa jumlah keseluruhan santri ISRAR ditambah tamu undangan mencapai 1.700 orang. Sedangkan untuk para asatizah yang hadir diperkirakan mencapai 100 orang.

Turut berhadir dalam meramaikan acara teresebut Habib Muhammad bin Idrus Al-Haddad, Ustaz Qoimuddin, Ustaz Amin Al-Makky, Ustaz Ismail Ayyub dan Ustaz Hasan Basri.

Acara diawali dengan pembacaan maulid Nabi saw. yang dimulai dari sesudah salat Ashar. Barulah setelah mahlul qiyam, oleh Saqib dan Syihab selaku MC, cara dibuka dengan pembacaan Al-Fatihah yang dipimpin oleh Habib Muhammad Al-Haddad.

Kemudian acara disambung dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Muhammad Najmi santri asal Kandangan. Dilanjut dengan kata sambutan oleh Ainul Yaqin selaku Petua Panitia acara.

Selain buka bersama dan haul, dalam acara tersebut juga diadakan pemberian bantuan ke pondok pesantren yang nantinya akan diberikan pada anak-anak yatim. Pemberian secara simbolis dilakukan oleh Ustaz Muhammad Zaini Banjar selaku ketua majelis pembina organisasi yang diterima oleh Habib Muhammad Al-Haddad dengan nominal uang sebesar 15 juta.

“Uangnya memang kita serahkan ke pondok, nantinya pondok bakal nyerahin ke anak-anak yatim,” ungkap Ustaz asal Banjar yang kini menetap di Raci tersebut.

Acara berlanjut dengan pembacaan manaqib atau riwayat hidup Syaikh Samman Al-Madani yang dibacakan oleh Thoha, sekaligus pembacaan syair pujian untuk beliau yang dibawakan oleh gorub Habsyi Banjar.

Di akhir acara, Habib Muhammad Al-Haddad diminta untuk memimpin pembacaan tahlil dan doa. Sekaligus beliau juga dipinta untuk menyampaikan mauidzhoh hasanah atau nasehat agama.

“Acara sangat mengharukan, sangat ruhaniyyah yang dapat memberi masukan ke dalam hati. Hati akan terhenyuh dan kita semua terkesan dengan seluruh acara yang ada,” ungkap beliau saat diwawancarai.

Acara selesai dengan buka bersama seluruh santri ISRAR dan dewan asatizah yang berhadir.

“Banyak kekurangan, dan kami sebagai ketua majelis pembina memohon maaf kepada seluruh undangan dan para aitam (anak yatim) atas kekurangan ini. Dan jika didapati kelebihan maka semuanya adalah dari Allah swt.,” ungkap Ustaz Zaini Banjar.Sandi/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Tunjang Kemampuan Berdakwah,UKM FOKUS Adakan Seminar Tentang Public Speaking

Previous article

Kunjungan Tamu Pulau Seberang Adakan Studi Banding Bahasa Arab dengan Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply