AfdillahBa'alawiberitaEvent Pondok

Cetak Generasi Mahir Tilawah Al-Quran, Al-Qudwah Gelar Kemah Qur’ani

0

Gondang Wetan, Dalwa Berita- Organisasi Ahlul Quro Darullughah Wadda’wah (Al-Qudwah) mengadakan kegiatan pelatihan tilawah Quran dan kemah yang bertempat di area Masbah Dalwa, Gondang Wetan, Pasuruan, Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis dan Jumat (24-25/2/22) ini diikuti oleh 200 peserta dari anggota Al-Qudwah maupun para wisudawan yang berhasil menyelesaikan hafalan 30 juznya. Dan khusus untuk para khatimin (yang telah khatam 30 juz Al-Quran) mereka tidak dipungut biaya sama sekali.

Pada kegiatan ini, santri dilatih agar bisa menguasai naghom (seni baca Al-Quran) dan mahir dalam bertilawah. Tampak keceriaan dari para santri dengan adanya kegiatan ini, karena selain berlatih seni pembacaan Al-Quran, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk berenang, menikmati suasana berkemah yang jarang mereka dapati.

Habib Bagir bin Yahya selaku peserta mengaku dirinya senang dengan adanya kegiatan ini, karena selain menjadi hiburan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar anggota Al-Qudwah.

“Alhamduliilah, senang sekali dengan acara ini karena selain kita bisa berlibur, adanya acara ini juga menjadikan kita tahu (kenal) anggota-anggota Al-Qudwah yang dari Dalwa 1 dan 3,” ujarnya.

Ustaz Amin Ismail Al Makki selaku Pembina Tahfidz Dalwa 4 mengatakan bahwa adanya kegiatan ini bertujuan untuk menggembirakan para santri, terlebih untuk para penghafal Al-Quran.

“Kegiatan ini dilaksanakan demi mensukseskan dan menyenangkan para santri, terlebih para huffadz. Selain itu, adanya pelatihan ini agar mereka mendapatkan pengalaman di dalam membaca Al-Quran dengan baik, khususnya dalam hal naghom (seni baca Al-Quran),” ujar beliau.

Kegiatan pelatihan dan kemah ini adalah kegiatan pertama kalinya yang digelar oleh Al-Qudwah dan rencananya akan terus diadakan setiap tahun, sebagaimana yang disampaikan oleh Al-Akh Deka Nurul Huda.

“Kegiatan kemah ini adalah kegiatan yang pertama kali yang kami selenggarakan dan insya Allah akan terus diadakan di setiap tahunnya,” ungkap santri yang duduk di kelas 2 Aly itu.

Pada kemah ini, Al-Qudwah juga menggelar pelantikan pengurus baru. Al Akh Syarofal Zein sebagai Ketua Umum Al-Qudwah menggantikan Al Akh Deka Nurul Huda yang sudah berakhir masa jabatannya. Pelantikan sendiri dipimpin langsung oleh Ustadz Amin Ismail Al-Makki selaku Pembina Tahfidz Dalwa 4 yang juga menjadi pembina Organisasi Al-Qudwah.

Al-Qudwah sendiri kedepannya berencana akan mengadakan program pelatihan tartil Quran di samping pelatihan tilawah yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, sebagaimana yang dikatakan oleh Al Akh Syarofal Zein pada tim Dalwa Berita.

“Kedepannya kita akan lebih memfokuskan di bidang tartil Quran di samping pelatihan tilawah yang sudah berjalan di Dalwa Markazi. Jadi, kedepannya kita tidak hanya mengajarkan tilawah atau bacaan yang sering dipakai saat acara-acara, tapi kita juga akan mengajarkan bacaan tartil yang sering dipakai imam memimpin salat dan tadarus Al-Quran,” ungkapnya.Afdillah/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Fasilitasi Santri Membaca, Perpustakaan Dalwa Sediakan 8000 Judul Buku

Previous article

Dapala Adakan Talkshow Bersama Pendaki Senior

Next article

Comments

Leave a reply