AfdillahberitaEvent PondokRedaksiStudi Banding

Dalami Strategi Pengelolaan Dana Lazis, Lazis Dilwa Kunjungi Lajnah Maaliyah Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita- Pada Sabtu malam (22/06/2024) Lajnah Maaliyah Al-Hasaniyyah Dalwa mendapat kunjungan dari Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Lazis) Ponpes Darul ilmi Wadda’wah (Dilwa), Bogor, Jawa Barat.

Bertempat di aula Al-Hasaniyyah, rombongan tersebut disambut langsung oleh Direktur lajnah Maaliyyah Al-Hasaniyyah Dalwa, Al-Habib Luthfi Al-Hasni, Wakil Rais Aam Al-Hasaniyyah, Al-Habib Muhammad  bin Yahya beserta jajaran asatidzah Maaliyah Dalwa.

Ketua Lazis Dilwa, Al-Habib Musthofa bin Sholeh Al-Haddad mengatakan bahwa kunjungannya ke Dalwa yakni untuk mempelajari sistem pengelolaan Lajnah Maaliyah yang dimiliki oleh Al-Hasaniyyah Dalwa. Menurutnya, pihaknya perlu belajar banyak dari Lajnah Maaliyah milik Dalwa sebab dari segi manajemen dan nama pun Ponpes Dilwa dan Dalwa terdapat kesamaan.

Hal ini dilakukan agar kedepannya lembaga yang mereka kelola dapat bermanfaat bagi orang banyak sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Saw. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya,”

“Maksud dan tujuan studi banding kami ke Lazis Maaliyah Dalwa ini untuk mengetahui strategi manajemen keuangan dan pengalaman pengelolaan dana,” katanya.

Dari pihak Lajnah Maaliyah Al-Hasaniyyah pun menyambut baik studi banding ini dengan menyambut mereka dengan hangat dan memberikan arahan-arahan yang dalam hal ini diwakili oleh Ustaz Dr. Fauzi Hamzah, M.Pd. selaku Manajer bagian SDM.

Diantara hal penting yang perlu ditanamkan dalam pengelolaan dana sebagaimana yang disampaikan oleh ustaz Fauzi Hamzah adalah sifat amanah dan menjaga kepercayaan masyarakat yang sudah mempercayai kita.

“Hal yang harus diperhatikan oleh kita adalah bagaimana kita bisa menjaga kepercayaan masyarakat yang sudah bersedia menginfakkan hartanya ke lembaga yang kita punya, sebab ini adalah amanah; hal itu bisa dilakukan dengan adanya laporan masuk dan penggunaan dana yang ada, baik dengan memanfaatkan majalah ataupun media sosial yang kita punya,” ungkap Dr. Fauzi Hamzah, M.Pd

Selain menjaga kepercayaan dari masyarakat, beliau juga menambahkan bahwa pengelolaan dan pengkaderan sumber daya manusianya (SDM) itu sangat diperlukan untuk pengelolaan lembaga.

“SDM-nya harus diperhatikan, cari orang-orang yang benar-benar ikhlas dan amanah dalam memegang dana ini, sebagaimana hal ini telah diterapkan di lembaga-lembaga amal yang ada,” ungkap

Pihak Lazis Ponpes Dilwa pun berterima kasih atas sambutan dan arahan yang diberikan pihak Lajnah Maaliyah Dalwa.

“Perasaan kita seneng banget ketika kita yang dari jauh, kita yang masih merintis disambut dengan sangat hangat itu memberikan motivasi sekali bagi kita. Itu pertanda bagi kita bahwa kita itu juga diperhatikan, dengan kondisi kita yang masih baru dan perlu bimbingan ternyata masih ada orang-orang yang mau membantu kita, masih ada orang yang mau menaruh perhatian kepada kita, kita sangat-sangat terima kasih kepada jajaran staf lajnah maaliyah Dalwa ini,” ujar Al-Habib Musthofa Al-Haddad selaku Ketua Lazis Dilwa.

“Harapan kita kedepannya mudah-mudahan terus nyambung silaturahminya, dan nyambung terus langkah-langkah kita dalam garis yang sama, sehingga kita bisa berjalan sejalur secepat-cepatnya, sebaik-baiknya, seindah-indahnya,” tambah beliau.

Acara ditutup dengan doa dan pemberian cinderamata dari masing-masing lembaga.Afdillah/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Pengasuh Rubath Tarim Ke Dalwa, Bahas Banyak ’Pengetahuan’ Pada Para Santri

Previous article

Tak Mau Sia-Siakan Kesempatan, Para Santri ‘Serap’ Keilmuan dari Syekh Su’ud Saat Beliau Datangi Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply