beritaIlham MaulidiKampus

Dalami Sejarah Islam HMJ SPI Adakan Cinema Ilmiah

0

Bangil, Dalwa berita Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Pradaban Islam (HMJ SPI) adakan cinema ilmiah sejarah Islam di ruang S2 pada Kamis siang (29/12/2022).

Cinema ilmiah ini menayangkan film Muhammad Al-Fatih, salah satu khalifah dinasti Utsmaniyah yang berhasil menaklukan Konstatinopel.

Kegiatan ini dibuka untuk umum sebanyak 30 santri yang hadir.

Cinema ilmiah ini merupakan kegiatan bulanan mahasiswa HMJ SPI. Diadakannya kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk hiburan, akan tetapi juga sebagai bentuk edukasi.

Musyahadah (kegiatan menonton) ini sebagai edukasi sejarah Islam Dinasti Utsmani dalam penaklukan Konstantinopel dan membentuk karakter sejarawan islami,” ungkap Muhammad Nazrul Fikri, salah satu mahasiswa SPI.

Ia juga mengungkapkan pentingnya mengetahui sejarah Islam, apalagi sebagai umat muslim. Hal tersebut agar umat muslim dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari sejarah tersebut.

“Sebagai memberi penyemangat, khususnya kepada kita selaku umat muslim untuk mempelajari sejarah Islam dan mengambil hikmah di sejarah itu,” ucapnya.

Santri yang hadir di kegiatan tersebut merasa bahagia. Ia mengaku dapat mempelajari sejarah lebih dalam. Tidak hanya membaca buku, tapi dapat tergambar lewat tayangan film.

“Seru, kita dapat banyak-banyak ilmu sejarah lebih lewat nonton seperti ini dan tergambar lebih jelas daripada membaca sejarah,” ungkap Rifqi, santri asal Pontianak.Ilham/red.

Gustiawan Arqi

Khataman Kitab Simth Al-Iqyan Bersama Habib Abdullah Al-Muhdhor

Previous article

Sebelum Terjun Lapangan, Prodi HKI UII Dalwa Adakan Pembekalan PKL

Next article

Comments

Leave a reply