beritaEvent PondokTaslim

Dalwa Bersholwat, Salah Satu Bentuk Cinta Abuya kepada Santri

0

Bangil, Dalwa Berita – Dalam rangka pembukaan KBM semester II, Ponpes Dalwa menggelar acara Dalwa Bersholwat bertema “Senandung Cinta kepada Sang Baginda” di lapangan utama Dalwa Pusat pada Kamis malam (1/12/2022).

Acara tersebut terhelat atas keinginan langsung Pimpinan Ponpes Dalwa, Abuya Zein bin Hasan Baharun, sebagaimana yang dikatakan saudara beliau, Habib Ali bin Hasan Baharun.

“Abuya Zein mengadakan acara ini dan itu tidak lain karena kecintaan beliau kepada kalian (santri) dan perhatian beliau kepada kalian,” ucap Habib Ali.

Pada acara pembukaan tersebut, Habib Ali bin Hasan Baharun memberikan nasihat agar para santri bisa meraih ridho sang guru.

“Dengan apa guru ridho pada muridnya? Dengan akhlaq yang mulia, hati yang bersih, rajin belajar, gemar berkhidmah, taat pada peraturan, taat pada Allah ta’ala dan Rosul-Nya,” pungkas beliau.

Ustaz Qoimuddin selaku Ketua Departemen Pendidikan & Pembelajaran Ponpes Dalwa menyampaikan hadis Nabi saw. sebagai motivasi untuk santri agar selalu menambah ilmu setiap harinya.

“Maka dari itulah Rosulullah sholallahu alaihi wa sallam bersabda, ‘Kalau sehari aku tidak bertambah ilmu yang mendekatkanku kepada Allah, maka tidak ada barokah terbitnya matahari bagiku pada hari itu’,” tukil beliau sesuai hadis Nabi saw.

Acara tersebut juga bertujuan untuk membuat para santri bertambah semangat dan kuat tekad serta semakin nyaman dan betah mondok.

“Yang diharapkan membuat mereka (para santri) semakin nyaman dan betah di pondok, juga bertambah semangat dan bertambah kuat tekadnya,” ucap wakil ketua pelaksana acara tersebut, Habib Musthofa Alaydrus.

Acara dimeriahkan dengan pagelaran seni, seperti kolaborasi tarian antar daerah dan drama bahasa Arab, kemudian dilanjut dengan lantunan-lantunan sholawat oleh guru-guru alumni Abuya Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki dan diiringi dengan grup nasyid Dalwa, grup Manbausshofwah.

Karena penampilan acara Dalwa Bersholawat berbeda dari tahun sebelumnya, acara kali ini dinilai lebih menarik dan lebih berkesan.

“Seru, menarik karena banyak penampilan baru dan wajah baru dari Dalwa Bersholawat. Dibanding sebelum-sebelumnya, sekarang lebih menarik dan lebih terkesan bagi santri-santri,” ucap Azmi Hidayat, salah satu santri asal Banjarmasin.Taslim/red.

Gustiawan Arqi

Sambut SK UII, Ini Kelanjutan Penandatanganan MoU IAI Dalwa dengan Universitas Imam Syafi’i Yaman

Previous article

Setelah 12 Hari Menunggu, Prodi PAI IAI Dalwa Dapatkan Akreditasi Baik Sekali

Next article

Comments

Leave a reply