Artikel

Do’a Untuk Indonesia

0

Indonesia saat ini memasuki usianya yang ke-79 tahun, dengan ini berarti telah puluhan tahun negara ini menjadi negara yang merdeka tanpa jajahan asing.

Kemerdekaan Indonesia tak serta merta didapatkan begitu saja.

Ada para pahlawan dan rakyat Indonesia terdahulu yang berhasil berjuang mempertahankan Tanah Air hingga akhinya merdeka menjadi negara Indonesia.

Rakyat Indonesia harus berjuang melawan penjajah dalam waktu yang begitu lama.

Oleh karena itu, kini bangsa Indonesia merdeka sudah sepatutnya semua warga negara Indonesia mendoakan agar negeri tercinta ini tetap terbebas dari belenggu semua bentuk penjajahan

Karena negeri yang aman, damai, adil dan sejahtera merupakan salah satu kenikmatan bagi para rakyat di dalamnya.

Untuk itu, masyarakat perlu berdoa bagi keamanan negeri yang dia tinggali. Hal ini juga untuk keberlangsungan keturunannya dan beragam kemudahan lainnya.

Diantara doa untuk negeri yang bisa kita amalkan adalah doa yang pernah dibacakan Nabi Ibrahim As. Adalah:

رَبِّ اجۡعَلۡ هٰذَا الۡبَلَدَ اٰمِنًا وَّاجۡنُبۡنِىۡ وَبَنِىَّ اَنۡ نَّـعۡبُدَ الۡاَصۡنَامَؕ

Rabbij ‘al haazal balada aaminanw wajnubnii wa baniyya an na’budal asnaam

“Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.” (QS. Ibrahim ayat 35)

Doa lain yang dapat diamalkan untuk negeri tercinta tercantum dalam Surat Al Baqarah ayat 126. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

Rabbij‘al haadzaa baladan aaminaw waruq ahlahuu minats-tsamaraati man aamana minhum billaahi wal-yaumil aakhiri.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah negeri ini sebagai negeri yang aman sentosa, dan berilah rezeki dari buah-buahan kepada warganya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.”

Doa untuk negeri juga sempat dibacakan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat upacara kemerdekaan ke-79 RI di Istana IKN.

Dalam pembacaan doa kemarin Menteri Yaqut memohon agar pemimpin-pemimpin memahami kemerdekaan yang sesungguhnya. Ia menyoroti Indonesia telah ratusan tahun dijajah asing, lalu kini dijajah oleh nafsu dan kedengkian diri sendiri.

Ia juga meminta agar pemimpin-pemimpin negara memiliki kearifan dan kebijaksanaan. Ia meminta agar rakyat Indonesia dibukakan hatinya untuk menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan.

“Bukakanlah hati kami untuk mementingkan kepentingan bersama melebihi kepentingan pribadi, karuniai lah bangsa kami pemahaman terhadap makna kemerdekaan yang sebenarnya,” kata Yaqut dalam doanya.

Selain doa yang telah tertera diatas, kalian bisa menambahkan doa-doa kebaikan lainnya demi kebaikan negara kita tercinta.

Semoga dengan doa yang kita panjatkan membawa kebaikan untuk , bangsa ini sehingga nantinya negara kita menjadi negara yang maju, adil, makmur, sejahtera, terhindar dari segala kejahatan oknum-oknum yang akan merusak bangsa ini serta dijadikan negara kita negara yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Warnai Kemerdekaan, Dalwa Adakan Bermacam Perlombaan

Previous article

Hari Ke-2 PKKMB 2024 M; Kenalkan Lebih Mendalam Tentang UII Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply