AfdillahberitaKampus

Dosen SKI Ingatkan Ponpes Dalwa Miliki Banyak Objek Sejarah

0

Bangil, Dalwa Berita – Dosen Sejarah Peradaban Islam IAI Dalwa, Dr. Kholili Hasib M.Pd. mengingatkan pentingnya menuliskan sejarah perkembangan Ponpes Dalwa. Hal itu diungkapkan saat seminar di Ruang Pascasarjana S2 IAI Dalwa pada Senin (10/1/2022).

Dalam pemaparannya, Dr. Kholili mengungkapkan bahwa dengan menuliskan sejarah Ponpes Dalwa, maka generasi mendatang akan tahu cikal bakal berdirinya pesantren ini dan bisa mengambil pelajaran dari perjuangan Abuya Hasan Baharun dalam merintis pesantren.

“Tujuan diadakannya penulisan ini (sejarah Ponpes Dalwa) adalah untuk mengetahui identitas diri kita sendiri,” ujar beliau.

Dosen Prodi SKI IAI Dalwa ini juga menambahkan bahwa banyak objek di Ponpes Dalwa yang bisa dijadikan penelitian dan penulisan sejarah. Mahasiswa bisa menulis sejarah Ponpes Dalwa tempo dulu hingga saat ini yang telah berkembang pesat dari sisi pendidikan dan perekonomiannya.

Selain itu, perkembangan Ponpes Dalwa bisa dilihat dari santrinya yang datang dari berbagai wilayah di dalam dan luar negeri. Sampai saat ini, Ponpes Dalwa sudah menerima santri asal Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, Arab Saudi dan beberapa negara Asia lainnya.

“Dalwa ini sudah Go Asia Tenggara, bahkan Dalwa sudah terkenal hingga ke China, India, Italia,” ungkap beliau.Afdillah/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Wakil Rektor III Isi Kuliah Jurnalistik Dalwa Berita

Previous article

Santri Berprestasi Dapatkan Penghargaan pada Malam Lailatuttakrim

Next article

Comments

Leave a reply