Ba'alawiberitaEvent PondokEzra

Eksklusif! Silaturahmi Pemenang Lelang Cincin Habib Segaf Baharun

0

Bangil, Dalwa Berita – Pemenang lelang cincin Habib Segaf Baharun, H. Zakaria, menyambangi kediaman beliau pada Kamis malam (13/1/22).

“Jadi kita di sini tujuannya sama, sama-sama mencari rida Allah. Jadi dia (H. Zakaria) itu inisiatifnya, inovasinya bagus sekali. Ana berharap semoga apa yang ada pada akhina fillah Zakaria termasuk yang dikatakan oleh Rasulullah saw. ‘Dzālika mālun rābih, Dzālika mālun rābih, Dzālika mālun rābih’, insya Allah,” tutur Habib Segaf Baharun.

Sebelumnya, Habib Segaf Baharun melelang cincinnya yang telah dipakai selama 12 tahun itu untuk pembangunan Mabna Abuya Hasan. Cincin emas putih kombinasi yellow sapphire yang dikelilingi berlian tersebut mulai beliau lelang dengan harga 45 juta rupiah. Pelelangan tersebut diumumkan saat Sosialisasi Pembangunan Mabna Abuya Hasan Baharun di Dalwa 3 pada 20 Desember 2021 lalu.

“Ketika (pelelangan) kemarin itu (karena) ada bisyaroh langsung dari Abuya Habib Hasan, bahwasanya yang membantu dan yang memperhatikan kepada pembangunan ini maka akan mendapat perhatian langsung dari Abuya Hasan dari alam barzakh,” papar Rektor IAI Dalwa tersebut.

Ketika Sosialisasi Pembangunan Mabna Abuya Hasan di Dalwa 3 itu, para santri dan asatidzah bertahan di bawah derasnya hujan. Namun, antusiasme santri-santri dalam membantu pembangunan Mabna Abuya Hasan ini sama sekali tidak terusik. Dengan penuh semangat, mereka ikut berdonasi dengan uang seadanya, dan inilah yang selanjutnya membuat hati Habib Segaf Baharun tergerak mengadakan pelelangan.

“Ketika melihat hujan-hujan, anak-anak itu semangatnya luar biasa. Ada yang memberi 2 ribu 5 ratus, 5 ribu. Padahal itu uang yang dia punya, padahal di kamarnya sudah memberi juga. Sehingga apa? Sehingga kita terbawa, kita terharu. Masyaallah, mereka ini punya uang pas-pasan tapi mereka seperti itu. Sehingga teringatlah sebuah ayat yang berbunyi ‘Lan tanālul-birra ḥattā tunfiqụ mimmā tuḥibbụn’,” ujar pimpinan Ponpes Dalwa Banat tersebut.

H. Zakaria, pemenang lelang cincin Habib Segaf asal Pontianak itu menyebutkan alasannya membeli cincin tersebut dengan harga yang paling tinggi, yakni 250 juta.

“Setelah mengetahui bahwa saya sebagai pemenang lelang, insya Allah gak akan membuat saya besar hati. Karena bukan itu tujuan sebenarnya. Tapi karena yang memanggil saya untuk melakukan itu (yaitu) guru saya yang mengajarkan saya untuk beramal seperti itu,” ungkapnya saat diwawancarai oleh tim Dalwa Berita.

Beliau juga memaparkan harapannya di depan Habib Segaf Baharun agar tidak dilupakan oleh Rosulullah saw. dan diingat oleh Abuya Hasan Baharun.

“Artinya, dengan hal yang dicintai beliau, begitu juga mudah-mudahan saya tidak dilupakan saat di hadapan Rasulullah saw., dan mudah-mudahan saya juga diingat oleh sayyid Abuya Hasan. Karena nilai uang dengan nilai ilmu tidak ada bandingannya untuk saya saat ini,” ucapnya.

Habib segaf mengapresiasi tindakannya dan mendoakan H. Zakaria dengan doa yang pernah dipanjatkan Rasulullah SAW untuk sahabatnya, Abu Tolhah.Ezra/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

PKL Prodi HKI Adakan Workshop Praktikum KUA

Previous article

Pascasarjana IAI Dalwa Hadirkan Guru Besar Sosiologi dan Tafsir

Next article

Comments

Leave a reply