berita

Fasilitasi Santri Membaca, Perpustakaan Dalwa Sediakan 8000 Judul Buku

0

Bangil, Dalwa Berita – Pengunjung Perpustakaan Sayyid Muhammad Al-Maliki Dalwa Pusat terdata mencapai 40 orang per hari.

“Semenjak adanya sistem pendataan pengunjung, rata-rata pengunjung ada 40 orang,” ucap Bambang, selaku pengawas perpustakaan.

Menurutnya, banyaknya pengunjung bukan menjadi tujuan karena mereka hanya menjadi fasilitator bagi santri yang ingin membaca. Namun, jika lebih banyak lebih baik.

“Kami hanya memfasilitasi mereka yang memiliki minat baca. Akan tetapi, semakin banyak yang minat itu lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa pengunjung menjadi lebih banyak ketika pada hari ujian hinggal mencapai 60 orang dan puncaknya ketika mata pelajaran takhrijul hadis.

“Pada hari ujian pengunjung mencapai 60 orang dan paling ramai itu ketika waktu pelajaran takhrijul hadis,” ungkapnya.

Perpustakaan juga menyediakan fasilitas berupa air panas gratis bagi pengunjung. Adapun ketika hari ujian pihak perpus akan memberikan kopi dan teh gratis.

“Kami menyediakan air panas dan air minum. Tapi jika sudah masuk hari ujian kami memberikan teh dan kopi kepada pengunjung secara gratis,” ucapnya.

Saat ini, buku di perpustakaan telah mencapai 8000 judul buku yang bisa dibaca oleh pengunjung. Namun, mayoritas buku adalah kitab dengan bahasa Arab sehingga pihak perpus mendapat keluhan tentang minimnya buku untuk refrensi mahasiswa.

“Hal itu dikarenakan pihak pondok memberikan buku Arab. Untuk buku pengetahuan umum, itu dari pihak institut dan pihak mu’adalah,” tanggapnya tentang keluhan tersebut.

Ia berharap kepada pihak Institut dan muadalah untuk menindak lanjuti keluhan tersebut jika hal itu telah menjadi kewajibannya.

“Jika memang diwajibkan untuk menyediakan buku yang semacam itu, sudah seyogyanya mereka harus melaksanakannya,” pungkasnya.Gustiawan/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Ke Pesantren, Apa yang Kau Cari?

Previous article

Cetak Generasi Mahir Tilawah Al-Quran, Al-Qudwah Gelar Kemah Qur’ani

Next article

Comments

Leave a reply