beritaIkatan Santri DaerahIlham Maulidi

Haul Sultan Syarif Abdurahman Ikat Silaturahmi ISKAB Jawa dan madura

0

Dalwa Berita- Ittihad ISKAB ( Ikatan Santri Kalimantan Barat) memperingati Haul Sultan Syarif Abdurhaman Al-Qodri ke-212 di belakang Dalwa Hotel Syariah, Kamis malam (11/08/2022).

Acara tersebut dihadiri Ustaz Ismalil Ayyub, Ustaz Qoimmuddin, Ustaz Hasan Basri dan jajaran asatizah lainnya. Adapun  tamu undangan, yaitu dari ISKAB pusat se-Jawa Madura.

Acara tersebut dimulai dengan arak-arakan bersama rombongan asatizah dan juga tamu undangan dari depan Hotel Dalwa Syariah menuju tempat acara. Juga ada penampilan seperti palang pintu dan  membacaan Syair Gulung dari ashab mantiqoh Al-Hisyam Ketapang.

Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua ittihad ISKAB Syarif Fadil Al-Hinduan, sambutan dari ketua panitia acara Syarif Faiz As-Segaf dan perwakilan dari MPO ISKAB, Ustadz Imaduddin.

Ustadz Imaduddin mengungkapkan sedikit sejarah masuknya Islam dan Kerajaan Malayu ke Kalimantan khususnya di Pontianak yang dibawa oleh para ulama-ulama Melayu dan Hadramaut.

“Alhamdulillah Sultan Syarif Abdurrahman mampu membangun peradapan Islam dengan peradapan sangat tinggi, yaitu peradaban Melayu. Malayu bukanlah sebagai suku, tapi Melayu sebagai peradaban Islam dibangun ulama terdahulu,” ungkap beliau.

Acara berlanjut dengan pembacaan manaqib singkat Sultan Pontianak oleh Syarif Ramadhan Al-Qodri dan  pemberian penghargaan kepada lima santri  yang berhasil menghafal kitab As-Syriah selama 2 bulan. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Ustadz Qoimuddin dan asatizah.

Acara ini tidak hanya terpaku dengan haul Sultan Abdurrahman Al-Qodri saja, akan tetapi juga sebagai penjalin silaturahmi ISKAB se-Jawa dan Madura.

“Adakan haul Sultan Abdurrahman untuk mengumpulkan mereka semua untuk menjalin silaturahmi untuk mengenal satu sama yang lain sesama santri ISKAB,” tutur Syarif Faiz As-Segaf.

Adapun tamu undangan dari perwakilan ISKAB se-Jawa dan Madura  sekitar 48 tamu undangan. Dihadiri  ketua ISKAB pusat Ustaz Agus Novandi dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolingo, Ustaz Ubaidillah dari Ponpes Al-Falah Ploso dan Ustaz Barwidi dari Bangkalan Madura.

Ketua ISKAB pusat mengungkapkan senang bisa diundang oleh ISKAB Dalwa untuk menghadiri haul Sultan Pontianak.

“Kami dari ISKAB pusat sendiri banyak-banyak berterima kasih ashab Dalwa  telah berkenan  menerima kami dari ISKAB rayon se-Jawa Timur dan Madura, semoga dengan memperingati haul ini bisa mendapatkan barokah dan mempererat saliturahmi kita,” ungkapnya.

“Saya sangat kagum. Pertemuan masya Allah. Ini juga mempersatu antar santri se-ISKAB dari sekian pondok pesantren. Ini juga terobosan luar biasa. Semoga bisa berlanjut di Pontianak nantinya,” ungkap Ustaz Mudassir, salah satu asatidzah yang hadir di cara tersebut.Ilham/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Sehatkan Pendidikan Demi Indonesia Emas 2045

Previous article

Calon Dosen dan Tenaga Kerja Baru IAI Dalwa Hadiri Rapat Bersama Pimpinan

Next article

Comments

Leave a reply