beritaHilmiKampus

Sebelum Terjun Lapangan, Prodi HKI UII Dalwa Adakan Pembekalan PKL

0

Bangil, Dalwa Berita –Program Studi Hukum Keluarga Islam adakan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan pada Kamis (29/12/2022) di ruangan Pascasarjana.

Ustaz. Abdul Kadir, M.Ag. selaku Kaprodi HKI memaparkan, pembekalan tersebut diadakan dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa agar dapat maksimal dalam melaksanakan PKL di Pengadilan Agama yang telah ditentukan.

“Pertama, untuk mempersiapkan peserta PKL HKI agar betul-betul maksimal dengan modal yang cukup,” papar beliau.

PKL tersebut dilaksanakan di tiga Pengadilan Agama, yaitu PA Kabupaten Pasuruan, PA Kota Pasuruan dan PA Kabupaten Probolinggo.

Pembekalan tersebut diadakan selama dua hari, mulai dari hari Jumat (30/12/2022) hingga Sabtu (31/12/2022). Dalam pembekalan itu, mahasiswa diberikan teori tentang Pengadilan Agama serta tata cara sidang perkara.

“Mereka secara umum dibekali tentang teori Pengadilan Agama secara universal, dan yang paling pokok adalah bagaimana sidang perkara di Pengadilan Agama,” tukas beliau.

Adapun kegiatan PKL akan dilaksanakan selama 18 hari, mulai pada hari Senin (02/01/2023) hingga hari Kamis (19/01/2023) dengan masa tugas empat hari dalam seminggu, dari hari Senin hingga Kamis untuk di PA Kab. Probolinggo dan PA Kota Pasuruan, sedangkan untuk PA Kab. Pasuruan dimulai hari Senin hingga Jumat.

Peserta PKL tidak diperbolehkan untuk menginap, mereka diharuskan pulang ke pesantren sesuai dengan waktu izin yang telah diberikan.

“Kita laksanakan dengan pulang pergi,” ucap Kaprodi HKI tersebut.

Mereka juga mendapat pengawasan langsung melalui keamanan pondok pesantren demi memaksimalkan program tersebut.

“Jadi, mereka (peserta PKL) berangkat dengan dikawal, di sana dikawal, pulang juga dikawal,”

Ustaz Muhamad Zuhdi, M.H.I. selaku Sekretaris Prodi HKI mengungkapkan harapannya untuk peserta PKL tahun ini.

“Saya berharap agar mereka bisa maksimal menjalankan tugas Praktik Kerja Lapangan nantinya,” pungkas beliau ketika diwawancara Dalwa berita seusai memberikan pelatihan kepada mahasiswa PKL HKI di ruang Pascasarjana A (30/01/2022).

Selanjutnya, terdapat pelatihan terakhir pada Sabtu (31/01/2022) dengan mengundang Ketua Hakim H. Muhammad Fanany, S.H., M.H. serta pembekalan dari hakim pengadilan Pasuruan bertajuk Kepaniteraan.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Dalami Sejarah Islam HMJ SPI Adakan Cinema Ilmiah

Previous article

Kaprodi MPI UII Dalwa Jadi Narasumber Seminar Nasional

Next article

Comments

Leave a reply