beritaHilmiKampus

IAI Dalwa Telah Resmi Menjadi Universitas Islam Internasional

0

Bangil, Dalwa Berita – Ponpes Darullughah Wadda’wah menyambut kedatangan Dr. Habib Segaf bin Hasan Baharun, M.H.I. pasca menyelesaikan tahap terakhir alih bentuk Institut ke Universitas pada Senin (19/12/2022) di Lapangan Utama Dalwa pusat.

Kedatangan Rektor UII Dalwa Dr. Habib Segaf Baharun, M.H.I. disambut meriah oleh segenap mahasiswa dan santri Darullughah Wadda’wah. Beliau diarak menggunakan mobil golf dari gerbang barat mengarah ke rumah Pengasuh Pondok Pesantren Dalwa, Abuya Al-Habib Zein bin Hasan Baharun.

Dalam arak-arakan tersebut, terlihat mahasiswa yang menggunakan almamater berdiri membuat barisan dari gerbang barat hingga ke rumah pengasuh pondok pesantren. Tidak hanya itu, lantunan Mars UII Dalwa dari grup drumband serta tari Syabwani (tarian khas Hadramaut) juga turut memeriahkan penyambutan tersebut.

Kedatangan beliau disambut oleh pengasuh Ponpes Darullughah Wadda’wah Abuya Al-Habib Ali Zainal Abidin bin Hasan Baharun. Penyerahan Surat Keputusam Kemenag tentang peralihan bentuk IAI ke UII tersebut disaksikan oleh mahasiswa serta santri Dalwa. Setelah itu, Abuya Zein, Habib Segaf beserta pengurus perguruan tinggi berziarah ke maqbarah Abuya Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun.

Sebelumnya, pada Jumat pagi (16/12/2022), Rektor Habib Segaf Baharun, M.H.I. ditemani oleh Direktur Pascasarjana Dr. Habib Ali Zainal Abidi Balfaqih, M.Pd. melakukan pertemuan bersama dengan Kemenag guna melanjutkan tahap terakhir alih bentuk IAI ke Universitas Islam Internasional. Pertemuan yang sempat terpotong guna melaksanakan sholat Jumat itu berlangsung selama 5 jam, bermula dari jam 10:00 WIB hingga 15:00 WIB.

“Kita bertemu dengan menteri agama itu mulai dari sebelum sholat jumat jam 10 pagi sampai jam 3 sore,” papar Dr. Habib Ali Zainal Abidi Balfaqih, M.Pd..

Dr. Ahmad Fauzi Hamzah, M.Pd.I. juga turut memaparkan bahwa hari penandatanganan tersebut bertepatan dengan sayyidul ayyam (hari Jumat).

“Seperti detik-detik proklamasi, yaitu jam 10 pagi dan hari Jumat adalah hari yang istimewa, hari yang berkah,” tukas Dr. Fauzi Hamzah saat diwawancarai Dalwa Berita.

Dr. Habib Segaf Baharun, M.H.I. selaku Rektor UII Dalwa juga turut memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa bahwa segala ilmu itu berasal dari Allah swt.

“Jangan membuat anggapan atau asumsi bahwa belajar di jamiah (kampus) itu nomor dua dan pesantren nomor satu, karena semua ilmu itu satu: berasalnya dari Allah subahanahu wa ta’ala,” ujar beliau.

Beliau juga berharap dengan adanya alih bentuk ini bisa memaksimalkan pengembangan dakwah Nabi Muhammad saw.

“Berharap kepada semua mahasiswa dengan usaha kita yang sangat gigih untuk merubah status menjadi lebih baik lagi dan fasilitas yang sangat memadai, ini semua untuk kalian (mahasiswa) belajar dan memaksimalkan dengan maksud untuk mengembangkan dakwah Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam,” pungkas beliau.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia, Panitia Adakan Opening FILA

Previous article

Ini Kesan Habib Husein Ja’far Al-Haddar saat Kunjungi Ponpes Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply