beritaGustiawan

Wawancara Eksklusif bersama Arsitek Pembangunan Ponpes Dalwa Soal Gedung Mabna Abuya Hasan

0

Bangil, Dalwa Berita – Al-Habib Ahmad Baagil selaku arsitek pembangunan Ponpes Dalwa memberikan informasi terkait perkembangan pembangunan gedung Mabna Abuya Hasan Baharun.

Dalam keterangannya, pembangunan gedung ini mengalami beberapa kali perubahan dalam jumlah lantai.

“Mabna dibangun itu melalui istikhoroh awalnya lima lantai, kemudian berkembang karena ada isyaroh (petunjuk) jadi tujuh lantai, berkembang lagi menjadi sembilan lantai dan yang terakhir ada isyaroh lagi untuk tambah satu lantai, akhirnya jadi sepuluh lantai,” ungkap beliau ketika diwawancara oleh Dalwa Berita di Dalwa Hotel Syari’ah pada Selasa (22/11/2022).

Habib Ahmad Baagil, arsitek pembangunan Ponpes Dalwa, saat diwawancara oleh jurnalis Dalwa Berita pada Selasa (22/11/2022) di Dalwa Hotel Syariah. Foto: Ilmi/dalwaberita.com

Beliau juga menjelaskan riwayat pembangunan, mulai dari kontrak pancang hingga perataan tanah.

“Kita mulai kontrak pancang itu tepatnya 6 juli 2021, itu baru perencanaan pancang. Untuk start, kita mulai bulan September. 4 September survey lokasi, dan 30 September sudah selesai perataan tanah,” jelas beliau.

Pembangunan gedung Mabna tergolong cepat, karena target penyelesaian fisik bangunan diperkirakan memakan waktu 1 tahun, sedangkan fisik bangunan selesai sebelum itu.

“Untuk target kita 1 tahun untuk fisik dan alhamdulillah sudah terlampaui karena mestinya 9 lantai, karena ada penambahan satu lantai untuk selesai fisik secara total tinggal 10% lagi,” ucap beliau.

Potret bangunan fisik Mabna Abuya Hasan Baharun yang sedang dilakukan penambahan lantai menjadi 10 lantai. Foto: Adji/dalwaberita.com

Adapun proses pembangunan secara keseluruhan sudah mencapai 25% dari keseluruhan.

“Kalau finishing bangunan secara keseluruhan sudah berjalan 25%,” ucap beliau.

Habib Ahmad mengatakan bahwa luas fisik bangunan Mabna Abuya Hasan ini mencapai  1040 m2.

Kondisi fisik Mabna Abuya Hasan Baharun di lantai 3. Foto: Adji/dalwaberita.com

“Setiap lantai itu membutuhkan pembiayaan kisaran 1 miliar setengah untuk fisik, dan luas setiap lantainya itu 1040 m2,” terang beliau.

Pada awalnya target operasional pada akhir tahun, akan tetapi karena tidak memungkinkan, target pembangunan akan selesai pada pertengahan tahun 2023 dan akan diselesaikan secepatnya.

“Target selesai pembangunan secepatnya. Abuya menginginkan tahun ini gedung Mabna sudah operasional, tapi kayaknya tahun ini belum bisa, mungkin pertengahan tahun depan, insya Allah, Allah lancarkan,” jelas beliau.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Kunjungan Guru Syairozi ke Ponpes Dalwa Disambut Oleh Dr. Habib Segaf Baharun

Previous article

60 Santri Ikuti Pelatihan Pengurusan Jenazah di Perpustakaan Ponpes Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply