AfdillahberitaEvent PondokRamadhan

Intip Kesibukan Santri Mengemas Takjil untuk Berbuka Puasa

0

Bangil, Dalwa Berita – Sebanyak 200 santri Ponpes Darullughah Wadda’wah yang tergabung dalam kepanitiaan Lajnah Ramadhaniyyah sibuk mengemas takjil untuk berbuka puasa di lantai dasar Gedung Mabna Abuya Hasan pada Rabu sore (6/4/2022).

Pengemasan yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB ini dibagi menjadi 2 kelompok; 100 santri bertugas mengemas takjil, 100 orang santri lainnya menyiapkan minuman.

Panitia membuat 12.061 takjil setiap harinya. Takjil tersebut akan diberikan kepada seluruh santri dan asatidzah yang bermukim di Dalwa Pusat, Dalwa Ba’alawi dan Dalwa Banat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Al-Akh Nabil Barmawi selaku Divisi Konsumsi kepada Dalwa Berita.

“Ramadhan ini kita membuat 12.061 takjil setiap harinya yang akan diberikan ke seluruh santri dan asatidzah yang ada,” ujarnya.

Tak hanya itu, takjil juga diberikan kepada seluruh pegawai yang bekerja di Dalwa, seperti Dalwa Hotel, Dalwa Fried Chiken, Dalwa Mart, Dalwa Collection, Dalwa Catering, Dalwa Roti dan musa’idin. Bahkan para tukang yang sedang bekerja di pesantren juga turut mendapatkan takjil ini.

“Takjil ini bukan hanya untuk para santri saja, melainkan juga diberikan kepada para pegawai dan mereka yang bekerja untuk Dalwa, seperti Dalwa Hotel, DFC baik yang pusat ataupun yang cabang, Dalwa Collection, Dalwa Catering, Dalwa Roti dan musa’idin juga tukang-tukang yang lagi bekerja di pondok,” ungkap santri yang duduk di kelas 3 ‘Aly tersebut.

Adapun untuk pendistribusiannya, panitia membentuk tim khusus yang dinamai dengan “Kurir Surga”. Tim tersebut bertugas mengantarkan takjil ini ke rumah-rumah asatidzah dengan menggunakan sepeda motor dan ke Dalwa 2 & 3 serta Dalwa Banat menggunakan mobil.

“Untuk pendistribusiannya kita punya tim sendiri yang kita namai dengan ‘Kurir Surga’, mereka bertugas mengantarkan takjil-takil ini ke rumah-rumah asatidzah pake motor, kalau yang pakai mobil untuk ke Dalwa 2,3 sama Banat,” tambahnya.

Bulan Ramadhan ini, panitia menerima sumbangan 7,2 ton kurma. Panitia juga menyediakan ribuan gorengan dan sirup yang akan dinikmati oleh seluruh santri dan asatidzah Dalwa selama 20 hari.

“Tahun ini kita menyajikan 700 karton (1 karton 10 kg) yang didapat dari sumbangan Al-Habib Muhammad Al-Jufri, pemilik KAHA Travel, dan 20 karton dari Habib Muhammad bin Idrus Al-Haddad untuk dibagikan selama 20 hari Ramadhan. Kita juga menyediakan ribuan gorengan dan sirup untuk dibagikan,” ujar santri yang akrab di panggil Gus Nabil itu.

Di akhir wawancara, beliau juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga membagikan bingkisan untuk kebutuhan para asatidzah selama Ramadhan.

“Kita tak hanya memberikan takjil bagi para asatidzah, tapi kita juga memberikan bingkisan di awal Ramadhan lalu yang berisikan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula dan lain – lain, yang rencananya akan dibagikan lagi beberapa waktu ke depan,” pungkasnya.Afdillah/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Mengharap Berkah, Panitia Ramadhaniyah Adakan Olimpiade Al-Qur’an

Previous article

Ramadan di Pondok lagi, Kenapa?

Next article

Comments

Leave a reply