beritaEvent PondokHilmi

ISRAR Kalahkan ASWAJA pada Lomba Debat Bahasa Arab

0

Bangil, Dalwa Berita – Ahad (20/01/2023), panitia Festival Ihya Lughah Arabiyah (FILA) menampilkan final debat di lapangan utama Ponpes Darullughah Wadda’wah.

Final kali ini mempertemukan juara tahun sebelumnya, ASWAJA (Aliansi Santri Jawa Timur) dan Ikatan Santri Banjarmasin (ISRAR).

Dalam final kali ini Aliansi Santri Jawa Timur harus kalah dari Ikatan Santri Banjar dengan selisih 20 poin sehingga perolehan skor ASWAJA (734) ISRAR (759).

Panitia pun memilih tema yang bertajuk “Apakah youtube lebih banyak manfaatnya atau bahayanya?”.

Afdol Umar, penanggung jawab lomba debat dan moderator final debat, memaparkan bahwa pemenang ditentukan dari tim yang lebih kuat argumennya, bukan tim yang paling benar.

“Pemenang diambil dari yang paling kuat argumennya,” ucapnya.

Pada perlombaan final debat itu, pembicara pertama dari ISRAR membuka dengan mengatakan bahwa melalui YouTube, orang dapat memperoleh wawasan yang luas. Hal tersebut disanggah oleh ASWAJA bahwa kebanyakan orang hanya melihat hal-hal yang remeh.

Argumen ASWAJA itu dibantah oleh pembicara kedua dari ISRAR. Ia mengatakan bahwa hal tersebut bukan berasal dari individual YouTube, akan tetapi oleh penggunanya. Argumen dari kubu pro tidak membuat ASWAJA puas, sehingga pembicara kubu kontra tersebut melontarkan pertanyaan “Kenapa kita harus mengawasi anak-anak ketika menonton youtube?” Menurutnya, itu membuktikan bahwa YouTube lebih besar bahayanya dari pada manfaatnya.

Pertanyaan dari kubu kontra dijawab oleh pembicara ketiga. Ia mengatakan bahwa hal yang dipaparkan oleh kubu kontra adalah suatu hal yang lama, karena sekarang YouTube telah memiliki solusi untuk mengatasinya, yaitu Youtube Kids.

Pada akhir sesi tersebut, pembicara ketiga dari kubu kontra mengatakan bahwa yang dibahas dalam debat ini adalah Youtube secara umum, bukan Youtube Kids.

Tingkat kesulitan final debat kali ini terletak pada waktu. Hal itu karena tema debat diumumkan pada pagi hari sebelum acara final debat yang dilaksanakan pada malam harinya, serta untuk pemilihan pro dan kontra terletak 3 jam sebelum acara dimulai.

“Perbedaannya (dari babak sebelumnya) peserta diberikan mosi di pagi hari dan untuk pro dan kontranya 3 jam sebelum acara di mulai,” tukasnya.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Ar-Ridwan Kembali Datang ke Ponpes Dalwa

Previous article

Cahaya Bulan Bintang

Next article

Comments

Leave a reply