beritaGustiawanKampus

Kaprodi MPI UII Dalwa Jadi Narasumber Seminar Nasional

0

Bangil, Dalwa Berita – Kepala Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UII Dalwa, Dr. Muhammad Ubaidillah, M.Pd. menjadi narasumber pada seminar nasional, Senin (26/12/2022)

Seminar yang diadakan oleh Kaprodi MPI STAI Hasan Jufri Gresik itu berkolaborasi dengan Kaprodi MPI UIN Raden Intan Lampung dan dihadiri oleh 250 mahasiswa serta dosen Prodi MPI.

Seminar tersebut diisi dengan bedah buku metode penelitian kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam yang ditulis oleh seluruh Kaprodi MPI se-Indonesia

Beliau menyebutkan hal-hal yang dibahas dalam bedah buku tersebut.

“Jenis-jenis penelitian, masalah penelitian, latar penelitian manajeman, paradigma kualitatif MPI, kemudian ada rumusan masalah. Terus ada lagi teknik pengumpulan data, ada lagi seperti menyusun artikel dan jurnal,” sebut beliau.

Beliau mengungkap adanya seminat tersebut karena mahasiswa MPI merasa seperti mahasiswa PAI, padahal berbeda .

“Karena selama ini mahasiswa itu bingung, karena di sini itu mirip-mirip PAI, padahal di sisi lain ada perbedaan. Dari lulusannya sudah berbeda, sistem kelulusannya pun juga berbeda,” ungkap beliau ketika diwawancara Dalwa Berita pada Ahad (1/1/2023).

Lebih lanjut, beliau menyebutkan beberapa sebab kebingungan mahasiswa.

“Bisa jadi salah paham, gagal paham atau gak pernah masuk, akhirnya bingung,” tukasnya.

Berangkat dari hal tersebut, beliau akhirnya menulis buku mengenai tata cara penelitian MPI.

“Makanya saya punya inisiatif untuk menulis buku tentang penelitian MPI,” tutur beliau.

Beliau berharap dengan adanya buku dan seminar tersebut bisa menghilangkan kebingunan mahasiswa mengenai penelitian ilmiah progam studi MPI.

“Harap kami itu biar mahasiswa tidak selalu bingung. Artinya kita membantu kebingungan mahasiswa, lebih-lebih dosen. Kadang dosen pun bingung ‘Ke mana arah MPI itu?’,” harap beliau.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Sebelum Terjun Lapangan, Prodi HKI UII Dalwa Adakan Pembekalan PKL

Previous article

Belajar Kepemimpinan, HMPS MPI Adakan Musyahadah Ilmiah

Next article

Comments

Leave a reply