Arya BonanzaberitaEvent PondokPondok PesantrenRedaksi

Keberkahan di Momentum Hari Asyura Ponpes Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – Selasa sore (16/7/2024), terlihat para santri berkumpul di lapangan utama Ponpes Dalwa untuk buka puasa bersama Abuya Zein Baharun dan segenap asatidzah setelah seharian berpuasa hari Asyura.

Sebelum Zuhurnya, para santri sudah membaca doa Asyura bersama Habib Muhammad bin Idrus Al-Haddad dan Habib Muhammad Assegaf. Departemen Dakwah Ponpes Dalwa pun membagikan selebaran doa tersebut.

Dan di sore harinya, para santri berkumpul di lapangan utama untuk berbuka puasa bersama. Takjil berupa roti, tiga butir kurma dan sekantong es sirup dibagikan kepada seluruh santri.

Kumpulan sore itu diawali dengan pembacaan Hadrah Basaudan dan dilanjut pembacaan doa-doa yang dianjurkan di tanggal 10 Muharram.

Diantara maksud diadakannya buka bersama ini adalah, untuk memeriahkan hari Asyura, yang mana hari tersebut adalah hari yang agung di sisi Allah Swt.

“Tujuan diadakannya buka bersama ini adalah untuk mengangungkan serta memeriahkan hari-hari besar di sisi Allah subhanahu wata’ala,” ujar ustaz Ismail Ayyub selaku Kepala Departemen Kepengurusan Santri Ponpes Dalwa.

Ustaz Ismail menceritakan awal mula bagaimana disunahkannya puasa Asyura, puasa di tanggal 10 Muharram. Karena banyak peristiwa yang membahagiakan terjadi mulai dari zaman Nabi Adam a.s sampai zaman Nabi Muhammad saw., dan puasa adalah bentuk syukurnya.

Beliau juga berharap, amalan yang dilakukan di hari Asyura ini dapat diterima di sisi Allah Swt.

“Mudah-mudahan, apa yang kita lakukan ini mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. dan mudah- mudahan dicatat sebagai amalan kebaikan dari kebaikan-kebaikan yang lainnya,” harap beliau sebagaimana harapan semua yang berpuasa di hari itu.

Usai buka puasa bersama dan sholat Maghrib berjamaah, para santri makan di kamar mereka masing-masing. Setelah makan semua santri Kembali ke lapangan untuk membaca maulid bersama Habib Hamzah Al-Atthos dan Ustaz Muhammad Salam.Bonanza/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Jalan Tembus Untuk Ziarah Ke Makam Hubabah Khodijah Sudah Bisa Dilewati, Cek Rute Barunya!

Previous article

Sebagai Bentuk Perhatian, Sayyid Ahmad Al-Maliki Utus Syekh Amin Assyinqithi Untuk Mengajar di Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply