beritaKampusYusuf

Kenalkan Dunia Jurnalistik, LPM Dalwa Berita Adakan Diskusi Terbuka

0

Bangil, Dalwa Berita – LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Dalwa Berita adakan diskusi terbuka di ruang Pascasarjana B pada Kamis siang (15/09/2022).

Diskusi terbuka yang bertema “Satu Jam Menyelami Dunia Jurnalistik” ini dibuka untuk umum.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan santri tentang dunia jurnalistik, sebagaimana yang dikatakan oleh Atep Abdul Rohman selaku Pemred (Pemimpin Redaksi) LPM Dalwa Berita sekaligus pemimpin jalannya diskusi.

“Untuk memperdalam pengetahuan jurnalistik bagi para santri,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, ia menyinggung masa depan jurnalis yang akan diganti oleh robot. Menurutnya, jurnalis robot sudah mulai dioperasikan untuk memproduksi berbagai berita di dunia. Walaupun begitu, ada kelebihan jurnalis nyata yang tidak dimiliki oleh jurnalis robot.

“Ada kelebihan jurnalis nyata (manusia) yang tidak bisa dimiliki oleh robot journalism (jurnalis robot), yaitu nurani dan rasa kemanusiaan. Walaupun jurnalis robot bisa memproduksi tulisan lebih cepat dan banyak, tapi tulisan yang dibuat dengan hati nurani justru lebih bernilai,” ujarnya.

Selain itu, dalam diskusi ini dibahas juga jenis-jenis judul dan teras berita dalam studi kasus penulisan berita di berbagai media. Para peserta diskusi kemudian mengamati perbedaannya sehingga wawasan terkait penulisan berita dapat meningkat.

Rencananya, setelah diskusi akan ditayangkan video seputar dunia jurnalistik, namun ditiadakan karena waktu yang kurang memadai. Walaupun begitu, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.Yusuf/red.

Gustiawan Arqi

Kuliah Jurnalistik Bersama LPM Dalwa Berita Bahas Etika Jurnalistik Fotografi

Previous article

Drama Penyebaran Islam Tanah Lombok Tuai Pujian Penasihat Qismu Lughoh

Next article

Comments

Leave a reply