beritaGustiawanIkatan Santri Daerah

Kenalkan Sejarah Islam Tanah Lombok Lewat Drama Bahasa Arab

0

Bangil, Dalwa Berita – Penampilan drama oleh Ittihad Ishlah Lombok di Masjid Baitul Ghofar pada Jumat siang (16/9/2022) berlangsung meriah.

Drama yang ditampilkan dengan bahasa Arab tersebut menceritakan penyebaran agama Islam di tanah Lombok.

“Menceritakan awal mula penyebaran Islam di pulau Lombok atas perintah Sunan Gresik kepada murid-muridnya yang berjumlah lima orang untuk menyebarkan Islam di pulau Lombok, berdakwah di berbagai daerah Lombok, ada Lombok Timur, Tengah, Utara, Barat dan Mataram,” ucap Habib Maulana selaku penanggung jawab drama.

Menurutnya, pengangkatan tema tersebut merupakan inspirasi dari perkataan tokoh agama Islam di Lombok.

“Saya ingat perkataan tokoh agama di Lombok, Syeikh Zainuddin bin Abdul Majid. Jadi, beliau pernah bercerita bahwa Sunan Gresik memerintahkan muridnya untuk menyebarkan Islam di Lombok, dan akhirnya saya mendapatkan inspirasi dan kemudian disampaikan di masrohiyyah (drama),” ucapnya.

Sebagai penanggng jawab sekaligus pembimbing, ia merasa senang dengan penampilan yang dibawakan oleh santri Ittihad Ishlah Lombok tersebut.

“Masya Allah saya sangat merasa senang dengan pempilan mereka, walaupun sedikitnya fasilitas kita dalam memeriahkan drama ini, tapi alhamdulillah semua yang membantu sudah menjalankannya dengan maksimal,” lanjutnya

Asyfa, salah satu santri yang menyaksikan drama tersebut menilai bagus, karena dapat menambah wawasan santri tentang penyebaran agama Islam di Nusantara.

“Bagus. Kita jadi tahu bagaimana perkembangan sejarah Islam di Nusantra,” tuturnya.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Drama Penyebaran Islam Tanah Lombok Tuai Pujian Penasihat Qismu Lughoh

Previous article

Kenalkan Sejarah dan Pentingnya Membaca, HMJ SPI IAI Dalwa Adakan Makrab

Next article

Comments

Leave a reply