beritaSandi

Kunjungan Balasan Wakil Dubes Malaysia ke Ponpes Dalwa Bahas Wacana Kuliah Double Degree

0

Bangil, Dalwa Berita – Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah menerima kunjungan balasan dari Wakil Duta Besar Bagian Pendidikan Malaysia untuk Indonesia, Muhammad Mubarak Syamsudin, Ahad (18/9/2022) di Dalwa Hotel Syariah.

Kunjungan balasan tersebut turut dihadiri oleh Dr. Habib Ali Zainal Abidin Balfaqih,S.Ag.,M.Pd., Dr. Ustaz Fauzi Hamzah, M.Pd.I., Dr. Ustaz Salahudin, M.H.I., jajaran dosen dan santri Dalwa asal Malaysia.

Pada kunjungannya, Wakil Duta Besar Malaysia yang akrab disapa Ncik Mubarak menilai bahwa Ponpes Dalwa merupakan perguruan tinggi yang baik dan tersusun.

“Alhamdulillah saya tengok Dalwa merupakan suatu pengajian tingkat tinggi yang amat baik dan tersusun,” ungkapnya kepada pers Dalwa Berita.

Ustaz Muhadjir, M.Pd. selaku staf lapangan BKLN (Bagian Kerja sama Luar Negeri) menyampaikan, bahwa pada tanggal 12 September lalu,  pihak Dalwa telah melakukan kunjungan ke beberapa Kedutaan Besar Luar Negeri yang berdomisili di Jakarta atas perintah Abuya Zein, Mudirul Ma’had, terkait pengakuan ijazah perguruan tinggi yang ada di Dalwa oleh pihak Luar Negeri.

“Itu, supaya ijazah mereka bisa diakui oleh negaranya di sana,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, selain melakukan ramah-tamah, wakil Dubes Malaysia tersebut membahas berbagai hal dalam hubungan pendidikan antara Malaysia dan Indonesia. Salah satunya wacana penerapan sistem double degree, 2 tahun kuliah di Indonesia dan 2 tahun di Malaysia, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan 2 ijazah sekaligus.

Merasa mendapat lampu hijau dari Ncik Mubarak, Ustaz Muhadjir selaku pengurus santri luar negeri mengatakan bahwa untuk ke depannya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Itu memang wacana. Tapi, ke depannya pihak kami akan serius dalam menjalin kerja sama ini, karena ini ada peluang, ada open dari Ncik Mubarak tadi untuk membuka hal itu,” paparnya.

Kunjungan yang dimulai dari pukul 12.00 WIB tersebut, ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cendera mata oleh Dr. Ustaz Fauzi Hamzah, M.Pd.I. kepada Ncik Mubarok, dan selesai sekitar pukul 14.30 WIB.

Santri Malaysia yang turut menyambut kunjungan Kedutaan Malaysia tersebut menyampaikan rasa senang dan bahagia mereka.

“Alhamdulillah untuk belakangan ini pondok Dalwa mulai dilihat oleh pemerintah Malaysia, dan juga sebelumnya kita pernah kedatangan menteri olahraga dari Dubes Malaysia,” ucap Ahmad Adi Faizi, mutakhosis asal Malaysia.Sandi/red.

Gustiawan Arqi

Kenalkan Sejarah dan Pentingnya Membaca, HMJ SPI IAI Dalwa Adakan Makrab

Previous article

Ujian Proposal dan Tesis Prodi PBA, Kaprodi: Tetap Semangat Demi Mutu Pendidikan

Next article

Comments

Leave a reply