beritaHilmi

Jadikan Contoh Pesantren Maju, MUI DKI Jakarta Kunjungi Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah pada Senin (12/12/2022) di Rhosaefah Room Dalwa Hotel.

Pada kunjungan tersebut turut hadir Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH. Munahar Muchtar, anggota MUI Bidang Pendidikan, pengurus MUI DKI serta 42 mahasiswa PKU (Pendidikan Karakter Ulama).

Ustaz Abdul Hadi selaku anggota Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI DKI Jakarta memaparkan, adanya MUI melakukan kunjungan ke Ponpes Dalwa ini guna melakukan kaderisasi terhadap mahasiswa PKU, dengan harapan mahasiswa PKU dapat mencontoh pesantren sehingga dapat menjadi ulama-ulama yang memiliki pondok pesantren serta dapat membina umat.

“Kita berharap mahasiswa PKU ini dapat menjadi ulama-ulama yang  memiliki pondok pesantren serta untuk memimpin umat. Oleh karenanya, kita perlu contoh pesantren yang bisa dicontoh oleh mereka,” tukas beliau.

Tidak hanya itu, beliau juga memaparkan bahwa Dalwa menjadi satu-satunya pesantren yang dikunjungi oleh MUI DKI Jakarta.

“Kalau kunjungan ke pesantren-pesantren hanya ini dan hanya Dalwa saja yang kita kunjungi,” ucap beliau.

Hal tersebut dilakukan atas rekomendasi dari Prof. Dede Rosyada, MA selaku Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI Prov. DKI Jakarta. Menurut beliau, Dalwa merupakan pesantren yang memiliki kemajuan yang pesat.

“Rekomendasi dari Prof. Dede Rosyada selaku Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI (DKI Jakarta). Beliau merekomendasikan bahwa Dalwa ini adalah pesantren yang kemajuannya pesat sehingga bisa dijadikan contoh untuk para mahasiswa PKU,” papar beliau.

Dr. Fauzi Hamzah, M.Pd. selaku Wakil Direktur II Pascasarjana IAI Dalwa juga turut mengutarakan perasaannya ketika menyambut kedatangan MUI DKI Jakarta.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali karena kita mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pemikiran-pemikiran Abuya Hasan bin Ahmad Baharun,” pungkas beliau.

KH. Munahar Muchtar selaku Ketua Umum MUI DKI Jakarta juga memberikan kesan beliau ketika berkunjung ke Ponpes Dalwa.

“Pertama, masuk ke Dalwa terasa seperti masuk ke dunia Islam. Yang kedua, mempelajari dari sejarah panjang perjalanan muasis pesantren (Abuya Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun) bahwa nilai keikhlasan itu adalah segala-galanya dalam berjuang, kemudian pendidikan kepada santri yang ana liat adalah mendidik karakter anak-anak mandiri,” ungkap beliau.

Beliau juga berharap agar mahasiswa PKU dapat mengambil pelajaran sehingga dapat dipraktikan untuk berjuang di dalam agama Islam

“Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan ini anak-anak kita dari mahasiswa MUI DKI Jakarta ini mereka dapat mengambil pelajaran sehingga mereka bisa praktikan suatu saat nanti di dalam berjuang untuk agama,” pungkas beliau.

Tidak lupa, beliau juga memberikan tiga pesan kepada generasi muda, yang pertama bahwa akhlak itu segala-galanya, yang kedua jangan bosan mencari ilmu, yang ketiga kalau sudah memiliki ilmu jangan lupa untuk diamalkan.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Kunjungan Silaturahmi UIN Malang ke IAI Dalwa dan Tindak Lanjut MoU

Previous article

Sempro Prodi KPI, Dekan Fakultas Dakwah Harapkan Skripsi Berkualitas

Next article

Comments

Leave a reply