beritaEvent PondokTaslim

Lailatu Takrim; Malam Perayaan bagi Santri Berprestasi

0

Bangil, Dalwa Berita – Panitia Ikhtibar Syahri gelar Laitatut Takrim untuk memberikan apresiasi dan hadiah kepada para santri berprestasi dan kamar terbaik.

Acara tersebut digelar pada Senin malam (19/9/2022) di Masjid Baitul Ghoffar.

Santri yang mendapat apresiasi dan hadiah adalah mereka yang berhasil meraih nilai sempurna dalam ujian bulanan.

Pada ujian gelombang bulan Muharrom, terdata sebanyak 158 santri yang meraih nilai sempurna dan 176 santri yang mendapat nilai di bawah minimal.

Dibanding dengan bulan lalu, pada bulan Muharrom ini santri yang mendapat nilai di bawah minimal berkurang drastis, yang jumlah sebelumnya mencapai 450. Ustaz Nawaf selaku panitia ujian bulanan mengatakan sebab adanya penurunan tersebut.

“Karena ada muthola’ah jama’i (mengulang pelajaran bersama), muthola’ah persiapan, mungkin karena sebab itu. Di samping itu juga, kita mengadakan hukuman bagi yang nilainya di bawah rata-rata,” kata beliau.

Salah satu santri yang mendapat nilai sempurna merasa senang dan bersyukur karena bisa meraih penghargaan.

“Alhamdulillah bersyukur sama senang juga bisa bersalaman sama Al-Habib Abdullah bin Abdurrahman Al-Muhdhor, sama Habib Ali Baharun juga, dan bisa meraih penghargaan ini,” ucap Aufal, santri kelas 4 ibtida’ asal Bandung itu.

Habib Abdullah bin Abdurrahman Al-Muhdhor memberikan nasihat pada malam itu. Beliau berkata bahwa kemuliaan itu bersumber dari akhlak yang mulia.

“Sesungguhnya kemuliaan itu timbul karena akhlak yang mulia,” tutur beliau.

Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa pesantren adalah tempat untuk melatih diri dalam kebaikan.

“Pesantren adalah kesempatanmu dan tempat untuk melatih diri,” tutur beliau dengan bahasa Arab.

Pada malam itu juga, dibagikan hadiah untuk kamar terbaik dari aspek kebersihan, ketertiban dan praktek bahasa Arab di Dalwa pusat dan Dalwa 4.

“Alhamdulillah senang, berkat Allah swt., kamar al-faqir (saya) bisa mendapatkan hadiah ini,” ungkap Ahmad bin Novel Al-Habsyi, ketua kamar yang mendapat penghargaan kamar terbaik.Taslim/red.

Gustiawan Arqi

Tingkatkan Kualitas Akademik, IAI Dalwa Adakan Kerja Sama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Previous article

Biarkan Ayam Berkokok

Next article

Comments

Leave a reply