beritaIpulKampus

Lebarkan Sayap! UII Dalwa Adakan KKN Kancah Internasional

0

Bangil, Dalwa Berita – Mahasiswa Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah semester 5 dan 7 berkumpul di Masjid Baitul Ghofar untuk mengikuti kegiatan sosialisai KKN Nasional & Internasional 2024 M pada Senin siang (29/7/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III UII Dalwa, Habib Lutfhi Rachman Al-Habsyi, M.Pd. juga ketua LPKM (Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat) yaitu Dr. Achmad Djuaini, M.Pd. serta deretan panitia penyelenggara KKN lainnya.

KKN kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang hanya di ikuti oleh mahasiswa semester 7 dan hanya berskala nasional. Tahun ini, mahasiswa semester 5  juga mulai mengikuti kegiatan yang diwajibkan kampus tersebut sebagai satu dari tridharma perguruan tinggi dan UII Dalwa mulai melebarkan sayapnya dengan mengadakan KKN berkancah internasional. Peserta yang mengikuti KKN 2024 ini ditaksir jumlahnya akan mencapai 1097 peserta.

Hal tersebut menjadi kali pertama dan terakhir KKN diikuti oleh dua angkatan, tahun depan KKN akan dimulai dari semester 5 dikarenakan adanya akselerasi supaya para mahasiswa bisa menyelesaikan skripsinya di semester 7.

Kuliah kerja nyata UII Dalwa ini akan dibagi menjadi dua pilihan, nasional dan internasional. Untuk tingkat nasional bertempat di kabupaten Probolinggo yang mencakup kecamatan Sukapura dan kecamatan Lumbang. Sedangkan untuk skala internasional UII Dalwa akan menugaskan mahasiswanya di dua negara tetangga yaitu Malaysia dan Thailand, tentunya dengan syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. KKN nasional diketuai oleh Dr. Achmad Sulton, M.Pd. dan ketua KKN skala internasional adalah Dr. Kholili Hasib, M.Ud.

Diantara syarat KKN internasional adalah mahasiswa harus mahir berbicara bahasa Arab dan bahasa Inggris, memiliki softskill di luar prodi dan kelas diniyahnya minimal aliyah, sebagaimana yang dipaparkan oleh Ustaz Adil selaku anggota Koordinasi Lapangan ketika diwawancara Pers Dalwa Berita.

Pendaftaran KKN nantinya akan dilakukan via online dan untuk biaya KKN tahun ini adalah Rp2.500.000.00 (dua juta lima ratus rupiah), sedangkan untuk skala internasional akan dikenai biaya tambahan berupa tiket dan visa.

KKN skala nasional akan bermula pada 15 September sampai dengan 9 Oktober 2024. Sedang untuk skala Internasional akan dimulai pada 18 September sampai dengan 3 Oktober 2024.

Dengan dilaksanakannya KKN bertaraf nasional dan internasional, harapan kedepannya akan lebih mengharumkan nama Dalwa di kancah nasional lebih-lebih di kancah internasional.

“Semoga KKN-nya terutama yang internasional bisa menjadi pelopor kedepannya agar UII Dalwa ini semakin dikenal terutama dikancah internasional, karena kita universitas Internasional,” tutup Ustaz Adil.Ipul/red.

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Apa Aja Sih Kegiatan Santri Baru Di Masa-Masa Awalnya Masuk Pesantren?

Previous article

Nobar Final Piala AFF Indonesia Vs Thailand, Jadi Moment Hiburan Tersendiri Buat Santri Baru

Next article

Comments

Leave a reply