beritaEvent PondokTaslim

Lomba FILA Cabang Baca Syair Jadi Ajang Kaderisasi

0

Bangil, Dalwa Berita – Babak penyisihan lomba baca syair bahasa Arab telah usai pada Rabu sore (11/1/2023) di kantor Departemen Bahasa Arab Ponpes Darullughah Wadda’wah.

Dari babak penyisihan tersebut akan diambil 6 peserta dengan nilai tertinggi untuk maju ke babak Final, sedangkan kriteria penilaian lomba tersebut mencakup vokal, ekspresi dan penampilan. Nilai tertinggi diambil dari ekspresi kemudian vokal dan penampilan, seperti yang dipaparkan juri perlombaan tersebut.

“Yang paling tinggi itu 2, ekspresi & vokal,” kata Ustaz Ahmad Zaki Adnan selaku juri.

Juri telah melihat peserta mana yang berpotensi untuk menjadi juara tetapi masih bersifat rahasia.

“Ada! Tapi itu rahasia,” ucapnya.

Perlombaan baca syair bahasa Arab ini juga menyimpan misi kaderisasi santri untuk mengikuti perlombaan atau event-event bahasa Arab di luar Ponpes Dalwa. Beliau menyebutkan nama seorang santri yang sukses dikaderisasi dan menyabet juara 2 baca syair bahasa Arab Festival Dunia Arab 4.0 ASEAN di UNIDA Gontor.

“Pasti ada (kaderisasi), seperti kemarin pada perlombaan Muharrom, itu yang namanya Zidan dia juara 2 di FDA Gontor yang digelar Desember lalu, jadi ada misi kaderisasinya juga pastinya,” sebut beliau.

Salah satu dari 3 judul syair yang ditawarkan panitia berjudul ‘Ana Santri’, tema yang pernah dibawakan oleh Habib Hasan Al-Habsyi pada perlombaan baca syair di UIN Jakarta dan menjadi juara 1.

“Syair ‘Ana Santri’ ini dulu pernah dibawakan oleh Habib Hasan Al-Habsyi di (perlombaan) UIN Jakarta dan beliau menang dengan syair itu, juara 1,” pungkas Ustaz Zaki.Taslim/red.

Gustiawan Arqi

LPM Dalwa Berita Undang Ustaz Dr. Imron Rosidi, M.Pd. di Kuliah Jurnalistik Kepenulisan

Previous article

Kedekatan Abuya Zein Baharun Makan Bersama di Kamar Santri

Next article

Comments

Leave a reply