beritaEzraKampus

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Ikuti Seminar Pembekalan PPL

0

Bangil, Dalwa Berita – Para peserta PPL IAI Dalwa melaksanakan seminar pembekalan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Rava Room, lantai 6 Dalwa Hotel Syariah pada Senin siang (3/1/2022).

Peserta seminar meliputi mahasiswa semester 7 Prodi PBA (Pendidikan Bahasa Arab) dan PAI (Pendidikan Agama Islam). Sedangkan untuk pemateri adalah para dosen IAI Dalwa.

Seminar pembekalan ini digelar guna memberi bimbingan bagi para peserta PPL agar dapat menekuni bidangnya dengan maksimal, sehingga akan mencetak tenaga pengajar yang berkualitas nantinya.

“Semoga mereka bisa menunaikan tugas-tugasnya. Kalau yang PBA menjadi seorang guru bahasa Arab yang baik, yang bagus, dengan metode dan perencanaan pembelajaran (yang) lengkap. Yang PAI juga seperti itu,” ungkap Ustaz Ahmad Sulton, M.Pd.I. selaku ketua panitia PPL.

Sesi pertama seminar diisi oleh Ustaz Drs. Junaedi, M.Pd.I. yang memberikan penyuluhan tentang sikap seorang guru dalam menghadapi karakter para murid yang berbeda-beda. Pasalnya, para peserta PPL ini akan ditugaskan untuk mengajar siswa-siswa MTs dan MA di Ponpes Dalwa 2 dan Dalwa 3 Ba’alawi pada satu minggu mendatang.

“Kita gak bisa memperlakukan setiap murid dengan perlakuan yang sama. Nanti itu antum bakal nemuin yang nakal, yang baik, yang kalem. Tugas antum harus jadi guru yang baik dan bisa ngertiin karakter mereka masing-masing,” tutur Kaprodi PAI IAI Dalwa tersebut.

Kemudian, sesi kedua dipimpin oleh Ustaz Ahmad Djuaini, M.Pd.. Beliau menjelaskan tugas-tugas yang wajib diselesaikan oleh para peserta PPL ketika di lapangan nanti. Menurutnya, tugas inilah yang menjadi dasar penilaian kualitas peserta PPL.

Pada penghujung acara, diadakan musyawarah bagi setiap kelompok peserta dengan dosen pembimbing masing-masing. Kemudian, acara diakhiri dengan ISHOMA dan selesai pada pukul 14.30 WIB.Ezra/red.

 

 

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Kembangkan Pendidikan Nilai Berbasis Pesantren, PC ISNU Kerjasama dengan IAI Dalwa

Previous article

Pembekalan SPL, Prodi SKI IAI Dalwa Adakan Seminar Sejarah

Next article

Comments

Leave a reply