beritaEzraKampus

Matangkan Kompetensi, Prodi ESy IAI Dalwa Hadirkan Praktisi dari BMI

0

Bangil, Dalwa Berita – Sabtu siang (8/1/2022), panitia PKL Prodi ESy (Ekonomi Syariah) IAI Dalwa menghadirkan praktisi dari Bank Muamalat Indonesia (BMI) dalam seminar bertajuk “Pelatihan Operasional dan Aplikasi Bank Syariah” di Ravaa Room, lantai 6 Dalwa Hotel Syariah.

Seminar yang dihadiri oleh mahasiswa semester 5 dan 7 Prodi ESy ini diisi oleh Branch Manager Bank Muamalat Kediri, Alan Januar Ahmed dan seorang praktisi ahli dari Bank Muamalat Indonesia bernama Jihan. Hadir pula pada kesempatan ini Kaprodi ESy Ustaz Ahmad Misbah, S.Ag., M.Pd., Sekprodi ESy Ustaz Abdul Adzim, Lc., M.Pd. serta jajaran dosen Prodi Esy.

Kedua pembicara menjelaskan tentang bank syariah secara rinci, mulai dari definisi, konsep dan sistem, alur operasional hingga akad-akad transaksi yang diterapkan oleh bank syariah, terutama BMI selaku pelopor bank syariah di Indonesia.

Pembicara mengharapkan adanya kontribusi para peserta seminar dalam bekerja sama mengelola perbankan syariah di Indonesia pada masa mendatang.

“Kita gak bisa main sendiri, harus bersinergi. Makanya teman-teman di sini juga bertanggung jawab dalam dakwah, ya. Maka saya harapkan kita juga berdakwah dari sisi ekonomi syariahnya,” ungkap Jihan.

Pihak Prodi ESy sengaja mendatangkan narasumber dari BMI untuk memberikan kajian mendalam kepada para mahasiswa tentang dunia perbankan syariah yang tidak mereka dapatkan di dalam pesantren.

“Mereka (para praktisi bank) memahami realitas dunia kerja yang sesungguhnya. Selama ini kita sudah kasih kajian teori-teori (pada mahasiswa), maka kita datangkan praktisinya. Jadi bisa share pengalaman,” ujar Ustaz Misbah selaku Kaprodi Esy.

Acara yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB ini berjalan lancar. Para peserta berantusias mengikuti acara dari awal hingga akhir.

“Tentu sangat senang. Pembahasan tadi menarik. Awalnya gak tau gimana uang itu diolah di dalam bank, sekarang kita jadi tau,” ujar Wawan, peserta semester 7 asal Lombok.Ezra/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Dalwa Bersholawat; Hiburan yang Menambah Kecintaan Kepada Nabi Muhammad

Previous article

Wakil Rektor III Isi Kuliah Jurnalistik Dalwa Berita

Next article

Comments

Leave a reply