beritaIlham Maulidi

Meningkatkan Minat Belajar Santri, Panitia Terapkan Kebijakan Baru

0

Bangil, Dalwa Berita – Ponpes Darullughah Wadda’wah menggelar ujian bulanan  pada tahun ajaran 1443-1444 di akhir bulan Dzulhijjah, Kamis sore (28/07/2022).

Adapun pelajaran yang di ujikan pada ujian bulanan ada tiga mata pelajaran, yaitu fiqih, nahwu dan shorof. Pembuatan soal sendiri langsung dilakukan panitia ikhtibar untuk tingkat ibtida’, adapun tingkat tsanawi dan aliyah dibuat langsung dari pengajar mata pelajaran masing-masing.

Ikhtibar syahri sendiri diadakan atas perintah langsung dari Habib Ali Baharun, karena diharapkan agar santri senantiasa mengulang pelajarannya agar tidak lupa, dan diuji ketika di akhir bulan nanti.

“Tujuannya, supaya santri senantiasa meningkatkan mutholah (mengulang) pelajaran mereka, supaya tak hanya belajar tapi di ulang-ulang  juga agar tidak lupa,” ungkap Ustaz Mujibuddin, salah satu panitia ikhtibar syahri.

Beliau juga mengungkapkan adanya kebijakan baru untuk ujian bulanan, yaitu bagi santri yang mendapatkan nilai di bawah 60 setiap mata pelajaran yang diujikan maka akan dikenakan sanksi botak dan tidak mendapatkan izin keluar. Selain itu, setiap dua hari sebelun ujian syahri diadakan belajar secara berjama’ah di kamar masing masing. Hal ini sudah berlaku di Dalwa 2 dan 3 sebelumnya, baru diterapkan di Dalwa Pusat sekarang.

“Untuk kebijakan ada dua, yaitu bagi santri yang mendapatkan nilai merah di bawah 60 setiap mata pelajaran yang diujikan maka akan dibotak dan dilarang izin, dan juga diadakan mutholah bareng di kamar masing-masing,” tutur beliau.

Pada bulan ini, ikhtibar syahri untuk santri baru belum diadakan, karena mereka masih dalam tahap pembelajaran bahasa Arab. Maka dari itu, santri baru akan melaksanakan iktibar syhari pada bulan depan, sehingga pada waktu ikhtibar syahri berlangsung, santri baru wajib menghadiri pengajian bersama Sayyid Fahmi Al-Kaff.Ilham/red.

Gustiawan Arqi

Dalwa Ba’alawi Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1444 H

Previous article

Pembekalan Anggota Baru, BEM Adakan Seminar dengan Tiga Narasumber

Next article

Comments

Leave a reply