beritaSandi

Meningkatnya Minat Menghafal Al-Qur’an, Dalwa 4 Tambah Syarat Masuk Jadi 4 Juz

0

Bangil, Dalwa Berita – Persyaratan masuk Dalwa 4 untuk penghafal Al-Qur’an setiap tahun terus diperbarui, mengingat jumlah santri yang ingin menghafalkan Al-Qur’an terus meningkat. Pihak pengurus akan membuka pendaftaran akhir Februari dengan syarat masuk minimal telah hafal 4 juz.

Syarat masuk yang baru ini merupakan perintah langsung dari Abuya Zein Baharun selaku Mudirul Ma’had, sebagaimana yang dikatakan oleh Ustaz Saiful Rizal, M.Pd. selaku Ketua Jam’iyatul Busyro Li Tahfizdil Qur’an.

“Persyaratan 4 juz itu langsung dari Abuya Zein Baharun, karena itu al-Faqir sebagai Rais Tanfidzi ini hanya melaksanakan tugas saja,” katanya pada Jumat (4/2/2022) di Ruang Ustaz Muhammad Amin Al-Makky.

Beliau juga mengungkapkan bahwa 4 juz tersebut terdiri dari juz 30, 1, 2, dan 3. Persyaratan baru ini akan langsung diberlakukan pada pendaftaran masuk yang akan datang, yaitu sekitar akhir bulan Februari tahun ini.

Sedangkan metode yang akan diujikan dalam tes masuk nanti adalah dengan ujian sambung menyambung ayat dari 4 juz yang telah dihafalkan itu, kemudian peserta akan ditanya dengan 3 potongan ayat yang harus disempurnakan dengan bacaan yang baik dan lancar.

“Kalau gak lancar hafalannya, maka gak lulus,“ tegas santri yang menduduki jenjang Orsada tersebut.

Beliau juga mengingatkan bahwa peraturan ini dibuat bertujuan agar dapat membedakan antara santri yang memiliki niat dan tekad kuat dalam menghafal Al-Qur’an dan santri yang niatnya masih belum mantap.

Sebagaimana yang beliau paparkan, bahwa semua santri yang telah diterima di Dalwa 4 harus tetap mengikuti peraturan pesantren sebagaimana mestinya. Selain itu, santri harus siap dengan segala peraturan tambahan yang berlaku Dalwa 4, seperti murajaah, setoran, talaqqi, dan yang lainnya.

“Kuatkan niatnya, niatkan untuk menjaga Kalamullah Taala bukan menghafal Al-Qur’an sekedar khatam. Khatam tidak khatam wajib setor dari awal, tujuannya adalah agar sanad musalsalah,” pesan santri yang merupakan salah satu Khotimin Al-Qur’an pertama di Dalwa tersebut.Sandi/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Cuci Pakaian di Pesantren, Ini Penjelasannya dari Pengurus Dalwa Laundry

Previous article

Produk Terbaru

Next article

Comments

Leave a reply