beritaEvent PondokTaslim

Menyambut Bulan Penuh Berkah di Pesantren Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1443 H, Ponpes Dalwa mengadakan Opening Dauroh Romadhoniyyah di lapangan utama Dalwa Pusat pada Jumat malam (01/04/2022).

Ramadhan tahun ini adalah kali kedua para santri menjalankan ibadah puasa di pesantren. Adapun untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini, Ponpes Dalwa mengadakan acara pembukaan kegiatan Romadhoniyyah. Acara ini diisi dengan pertunjukan drama bahasa Arab, lantunan syair, pembacaan dalil-dalil Ramadhan dan lantunan nasyid.

Tujuan acara malam ini ialah untuk membuka semua kegiatan Romadhoniyah dan juga untuk memotivasi para santri dalam menghidupkan bulan yang mulia ini dengan hal-hal yang positif.

“Pertama (tujuannya) untuk membuka semua kegiatan Ramadhan dan juga untuk memotivasi ashab dalam menghidupkan Ramadhan dengan hal-hal yang positif,” ungkap Reza Dwi Alfiyan, selaku ketua Panitia Pelaksana.

“Habib Alwi bin Abdullah bin Syihab rohimahullah rohmatal abror mengatakan bahwasannya di antara adat salaf ketika masuk bulan Ramadhan, maka mereka itu melakukan adat aslafihin dengan berkumpul-kumpul seperti kita sekarang ini,” tutur Habib Segaf Baharun dalam mauizahnya.

Acara malam itu berlangsung meriah dan khidmat. Terlihat para santri gembira dan antusias, karena grup nasyid idola santri, yaitu Ar-Ridwan dari Suriah hadir dalam acara.

“Oleh karena itu beruntung yang merasa gembira akan masuk bulan Ramadhan. Maka berarti dia orang yang beriman,” lanjut Habib Segaf Baharun.

Habib Segaf Baharun juga memotivasi para santri untuk menjadikan bulan penuh berkah ini sebagai ajang mendekatkan diri kepada Allah swt., menjernihkan hati dan membersihkan diri.

“Para salaf sholeh berkata ‘seandainya bukan karena Ramadhan, kami tidak ingin masih tinggal di dunia ini’,” kutip beliau dalam mauizahnya.Taslim/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Jelang Program Santri Praktek Mengajar, Kelas Tsany Aly Adakan Workshop Pembekalan

Previous article

Tarawih Malam Pertama, Santri Ingin Maksimalkan Waktu untuk Ibadah

Next article

Comments

Leave a reply