beritaEvent PondokTaslim

Nilai Santri Menurun, Berikut Data dan Penyebabnya

0

Bangil, Dalwa Berita – Lailatut Takrim, malam kemuliaan untuk para santri yang mendapatkan nilai sempurna di ujian bulanan bulan Jumadal Awal 1444 H.

Acara ini dilaksanakan pada Ahad malam (8/1/2023) di Masjid Baitul Ghoffar Dalwa Pusat.

Dihadiri langsung oleh Abuya Zein bin Hasan Baharun selaku Pimpinan Ponpes Darullughah Wadda’wah dan Habib Ali bin Hasan Baharun, Ketua Qism Ri’ayah sekaligus Ketua Pelaksana ujian bulanan.

Santri yang dikategorikan mendapat nilai sempurna itu berhasil mendapatkan nilai 100 dari masing-masing pelajaran ujian bulanan yaitu Nahwu, Shorof dan Fiqih, sedangkan santri yang dikategorikan rosibin (gagal) adalah yang mendapat total nilai di bawah 60.

Jumlah santri mutafawwiqin atau peraih nilai sempurna sebanyak 175 santri atau 4% dari keseluruhan jumlah santri, sedangkan santri yang gagal sebanyak 293 santri atau 6% dari keseluruhan jumlah santri Dalwa Pusat.

Statistik santri rosibin ini bertambah dari ujian bulanan sebelumnya yang diadakan bulan Muharrom lalu, yang hanya mencapai angka 176 santri.

Salah satu panitia pelaksana ujian bulanan, Ustaz Haris Fadholi mengungkapkan kenapa banyak santri yang masih mendapat nilai di bawah 60 dari jumlah keseluruhan nilai ujian.

“Kebanyakan 6% santri gagal tersebut karena kurang mengatur waktu bermainnya,” ungkap beliau.

Panitia ujian bulanan juga memberikan jera untuk mereka para rosibun dengan hukuman potong rambut 2 cm.

“Kita ta’zir (hukuman gundul 2 cm) agar dia malu plus jera,” lanjut beliau.

Panitia ujian bulanan juga menyediakan bagi santri yang mersa nilainya tidak sesuai harapan dengan melihat kertas ujiannya yang telah dikoreksi. Sebab, mungkin ada kekeliruan dalam pengoreksiannya.

“Kita buka syakawah (keluhan) untuk mereka yang nilainya gak sesuai ekspektasi dan prediksi ‘lah kok ana nilainya segini?’, kita buka syakawah ini selama seminggu,” kata Ustaz Haris.Taslim/red.

Gustiawan Arqi

Kenalkan Pembaruan Dakwah Islam, Divisi Pendidikan Dalwa Gelar Seminar Ilmiah

Previous article

LPM Dalwa Berita Undang Ustaz Dr. Imron Rosidi, M.Pd. di Kuliah Jurnalistik Kepenulisan

Next article

Comments

Leave a reply