AsrofiberitaEvent Pondok

Nyate Bareng Ala Santri Dalwa; Bentuk Meriahkan Momentum Idul Adha

0

Bangil, Dalwa Berita – Dalam memeriahkan Pekan Hari Raya Idul Adha 1443 H, santri Dalwa Pusat mempunyai tradisi, yaitu kegiatan nyate bareng. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu malam (12/7/2022) di lapangan utama Dalwa Pusat.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 WIB ini bertujuan untuk menghibur santri selama liburan Hari Raya Idul Adha di pesantren, sekaligus upaya untuk menyenangkan mudirul ma’had, Abuya Zein Baharun.

“Tujuan paling utama untuk tafriihan li santri-santri pondok. Kedua, ketika santri itu di pondok bahagia otomatis Abuya pun seneng,” ujar Habib Umar Al Habsyi, Ketua Orsada.

Proses nyate bareng ini melibatkan seluruh santri Dalwa Pusat. Seluruh santri terjun langsung berkelompok setiap kamar dalam proses pemotongan, penusukan, pembuatan bumbu dan pembakaran hingga sate siap dihidangkan.

Baca juga: Melepas Rindu Rumah Dengan Nyate Bersama

Dalam pelaksanaannya, panitia menyediakan beberapa peralatan dan bahan makanan, di antaranya adalah daging, tusuk sate, pemanggang, arang dan bumbu-bumbunya.

“Daging untuk banin sendiri kisaran 370 kg. Tusuk sate kondisional dibagikan sesuai jumlah anggota kamar. Insya Allah gak kekurangan,” kata pria asal Banyumas tersebut.

Beliau juga menyebutkan tentang alasan panitia mengakhirkan kegiatan nyate bareng hingga hari tasyrik selesai.

“Awalnya kita pengen gabung sama (acara) futsal Habib Segaf. Cuman karena melihat kuota daging tidak mencukupi, jika digabungkan dengan Dalwa 2, Dalwa 3 dan Dalwa Banat total daging hampir 1 ton. Sedangkan di waktu yang singkat itu, kita hanya bisa mengumpulkan 500 kg. Jadi, kami bagikan kemarin (12/7/2022) ke Dalwa 2, Dalwa 3 dan Dalwa Banat, dan sekarang Dalwa Banin,” ucapnya.

Baca juga: Sambut Hari Raya Qurban, Ukm Fokus Adakan Seminar The Miracle Of Dzulhijah

Santri asal Jakarta, Zakaria, mengungkapkan rasa senangnya saat mengikuti acara nyate bareng tahun ini.

Ana rasa ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, dari suasananya lebih berasa nyate bareng gitu. Seru aja gitu,” kata santri kelas 2 Aly tersebut.

Dia juga berharap kegiatan nyate bareng tahun depan harus lebih baik dan inovatif dari tahun ini.

“Semoga dipertahanin seperti ini. Buat inovasi baru gimana kedepannya agar lebih bagus,” ungkapnya.Asrofi/red.

Asrofi Asfahani

Suasana Idul Adha

Previous article

Tingkatkan Minat dan Bakat Baca Kitab, Panitia Idul Adha Helat Lomba Qiroatul Kitab

Next article

Comments

Leave a reply