beritaEvent PondokRamadhanTaslim

Olimpiade Al-Qur’an Cabang MHQ Sudah Masuk Babak Final, Tinggal Nunggu Juaranya!

0

Bangil, Dalwa Berita – Cabang lomba Musabaqoh Hifdzul Qur’an (MHQ) kategori juz 30 telah sampai ke babak final. Adapun untuk MHQ kategori 10 juz baru sampai ke babak semifinal. Acara diselenggarakan pada Ahad malam (10/4/2022) di lapangan Dalwa 4.

Di babak final MHQ kategori juz 30, hanya terdapat 6 peserta yang bisa lolos dari babak penyisihan. Dari 6 peserta tersebut akan dipilih juara satu, dua, dan tiga ketika malam Nuzulul Qur’an.

Adapun untuk kategori 10 juz hanya ada 6 peserta juga yang bisa lolos dari babak penyisihan dan berlanjut ke semifinal. Sedangkan finalisnya nanti akan dilombakan di malam Nuzulul Qur’an dan diuji langsung oleh Abuya Zein Baharun dan Ustaz Amin Al-Makki.

Salah satu kriteria penilaian lomba ini adalah dari segi kefasihan dan adab. Ustaz Zainul Mujtahid selaku juri di kriteria tersebut mengungkapkan bahwa adab para peserta bagus dan menjaga etikanya.

“Tentang adab, alhamdulillah semuanya bagus dan jaga etikanya,” ujarnya.

Sedangkan dalam kefasihannya masih ada yang kurang dari sebagian peserta MHQ kategori juz 30, dan untuk yang kategori 10 juz itu rata-rata sempurna.

“Tadi di bagian (peserta) juz 30 ada beberapa peserta yang masih kurang dalam kefasihannya. Adapun dalam kategori 10 juz, itu alhamdulillah rata-rata mumtaz,” sambung beliau.

Beliau berharap agar para peserta menjaga hafalannya dengan sering mengulangnya, dan berpesan agar Al-Qur’an tidak menjadi bahan untuk mendapatkan dunia.

“Harapan alfaqir ya mereka sering murojaah, karena murojaah itu penting. Jangan sampai Al-Qur’an dijadikan untuk sebagai mendapatkan dunia. Juga niatkan untuk melancarkan Al-Qur’an, kemudian dengan lancarnya ini untuk mendalami isi kandungan Al-Quran,” harapan Ustaz Zainul Mujtahid.

Para peserta berharap mendapatkan hasil terbaiknya dengan menjuarai perlombaan tersebut.

“Harapan ana sih semoga lulus masuk final dan menjadi nomer satu,” ucap Diyaussholihin, peserta asal Banjarmasin.

Ada juga yang berharap dirinya masuk dan teman sedaerahnya masuk juga. Pasalnya 4 dari 6 peserta semifinal ini adalah dari satu daerah, yaitu Aceh.

“Harapan, ana dan teman-teman ana masuk final semua,” kata Habib Baqir Assegaf.Taslim/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Gerilya Capresma dan Cawapresma Terpilih BEM IAI Dalwa dalam Membentuk Kabinet

Previous article

Salurkan Bakat Santri dengan Ajang Bintang Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply