beritaGustiawan

Panitia FILA Adakan Seminar Nasional Guna Mengembangkan Bahasa Arab di Era Society 5.0

0

Bangil, Dalwa Berita – Seminar Nasional Hari Bahasa Arab sedunia diakhiri dengan seminar yang dinarasumberi oleh Dr. Halimi Zuhdi, M.Hum., salah satu dosen mata kuliah Sastra Bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Acara ini dilakukan setelah pelaksanaan sholat Maghrib berjamaah di Rhosaefah Room, Dalwa Hotel Syariah pada Kamis (12/1/2023).

Seminar ini mengusung tema “Eksistensi dan Peran Strategis Mahasiswa Santri dalam Mengembangkan Bahasa Arab di Era Society 5.0”

Dalam pemaparannya, beliau mengungkapkan bahwa pembelajaran bahasa Arab masuk bersamaan dengan datangnya agama Islam di Indonesia.

“Jadi tak hanya agamanya saja yang dibawa, tapi juga bahasanya, meskipun kita di Indonesia, ini menjadi suatu keistimewaan,” ungkap beliau.

Menurut beliau, bahasa Arab merupakan sarana untuk memahami kitab turos yang sekaligus menjadi bekal para santri dalam menghadapi era masyarakat 5.0.

“Bahasa Arab memudahkan kita memahami kitab turos, sebagai persiapan kita dalam menghadapi era masyarakat 5.0,” jelas beliau.

Dalam menghadapi era tersebut, mahasiswa santri ditekankan untuk memahami perkembangan teknologi, terutama yang membantu mereka dalam menyebarkan dakwah Islam dan bahasa Arab.

“Harus bersiap dengan teknologi,” tutur beliau.

Adapun kemunduran bahasa Arab pada masa kini, disebabkan karena perbedaan sumber keilmuan. Pada zaman dahulu banyak masyarakat dunia yang mempelajari bahasa Arab karena kitab dan pengetahuan ditulis dengan bahasa Arab.

“Mereka belajar bahasa Arab karena butuh kajian yang diteliti oleh orang Arab,” papar beliau.

Beliau merasa senang karena bisa menemukan suasana bahasa Arab di acara tersebut.

“Pertama saya sangat senang karena terdapat suasana bi’ah (suasana) yang luar biasa, karena ketika masuk ruangan itu sudah terasa suasana Arabnya,” ungkap beliau ketika diwawancara pers Dalwa Berita.Gustiawan/red.

Gustiawan Arqi

Jadikan Santri Pendakwah Handal, Divisi Dakwah Adakan Seminar Public Speaking

Previous article

Panitia Hadirkan Ketua IMLA di Seminar Nasional Hari Bahasa Arab Sedunia Via ZOOM

Next article

Comments

Leave a reply