beritaEvent PondokGyoIkatan Santri DaerahKlinik DalwaLuar PondokRedaksi

Pawai Budaya Ramaikan Pelaksanaan Khitan Massal Dalwa 2024

0

Bangil, Dalwa Berita- Diantara hal yang menarik dari kegiatan Khitan Massal Dalwa adalah adanya kirab budaya.

Adanya kirab budaya ini merupakan bagian dari pelaksanaan khitan itu sendiri. Panita Khitan sengaja adakan Pawai keliling serta beberapa acara menarik lainnya tak lain bertujuan untuk menghibur para peserta yang hendak melaksanakan sunat.

Dengan mengambil tema “Seni Budaya” pawai tersebut akan membuat para anak-anak mengetahui dan mencintai budaya Indonesia yang sangat beragam, hal ini seperti yang dikatakan oleh Kholid, Wakil pelaksana Khitan 2024.

“Seni Budaya kita angkat biar anak-anak disini bisa mencintai negaranya karena budaya kita kan disini beragam jadi kita tumbuhkan mereka dari kecil sudah cinta sama negaranya,” ujarnya saat diwawancarai Dalwa Berita.

Pelepasan ratusan balon ke udara secara simbolis oleh Abuya Al Habib Zein Baharun menandai bahwa Pawai Seni Budaya resmi dimulai. Dan barang siapa yang menemukan banner yang ada di balon tersebut maka ia akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 1.500.000

Pawai keliling ini diikuti oleh para peserta Khitan, para santri, dan juga warga setempat.

Pada pawai tersebut para santri membuat kelompok sesuai daerah asalnya masing-masing, terhitung ada 7 ittihad (organisasi daerah) yang mana mereka menampilkan kesenian dan budayanya masing-masing.

Ada daerah Madura dengan kerajinan karapan sapinya, D.K Jakarta dengan ondel-ondelnya, Lombok dengan rumah adatnya, Sulawesi dengan miniatur Banda Neiranya, Bangka dengan Baju Adatnya dan masih banyak lainnya.

Para peserta Pawai terlihat sangat antusias dan sangat gembira sekali, terdapat juga raut wajah yang tegang dari para peserta yang ingin dikhitan.

Kemudian, pada pawai tersebut terdapat juga sepeda hias, yang merupakan hasil kraetivitas santri Dalwa yang dua hari sebelum dilaksanakannya pawai, masing-masing kamar akan mendapatkan satu sepeda dan bahan-bahan untuk menghiasnya,  sepeda inilah yang nantinya akan ditampilkan pada Pawai Seni Budaya.

Beraneka bentuk sepeda ditampilkan pada pawai tersebut mulai dari sepeda berbentuk gerobak bakso, gerobak tukang jamu keliling, sepeda gojek, sepeda bentuk motor gede, sepeda roket, sampai sepeda berbentuk keranda.

Tak cukup dengan adat daerah dan sepeda hias saja, pawai kali ini juga dimeriahkan dengan iring-iringan Paskibra, Delman, Mobil Khitan, drumband, cosplay beragam karakter Anime, dan juga pertunjukan Badut.

Selepas pelaksanaan pawai, acara dilanjut di klinik utama Dalwa, yaitu disuguhkannya berbagai penampilan dari masing-masing daerah yang mengikuti pawai Seni Budaya contohnya seperti D.K jakarta yang membawakan palang pintunya.

Panita Khitan juga mengadakan Doorprize untuk para peserta khitan, warga, Dan juga para Santri.

Kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah yang diberikan kepada Ittihad (Organisasi Daerah) terbaik dalam pawai seni budaya dan kamar terbaik dalam menghias sepeda hias.

Para pemenang dalam Pawai Seni Budaya kali ini ialah:

Kategori pawai budaya

Juara 1 :Isma Madura dengan total hadiah Rp. 2.000.000

Juara 2 :Istifada Palembang dengan total hadiah Rp.1.000.000

Juara 3:Isbet Bangka dengan total hadiah Rp.500.000

Kategori Sepeda Hias

Juara 1 : Kamar 9 dengan total hadiah Rp.1.500.000

Juara 2: Kamar 2 Dalwa 4 dengan total hadiah Rp.1.000.000

Hadiah tersebut langsung diberikan oleh Ustadz Ismail Ayyub sekaligus foto bersama dengan seluruh pemenang lomba tersebut. Gyo/red

admin dalwaberita.com
Media Informasi dan Berita Terpercaya Seputar Ponpes Dalwa

Lanjutkan Program Abuya Hasan, Ponpes Dalwa Adakan Kembali Khitan Massal

Previous article

Melihat Banyaknya Minat Mahasiswa Dalwa untuk Melanjutkan studi ke luar Negeri, UII Dalwa Adakan Program Double Degree

Next article

Comments

Leave a reply