beritaSandi

Pelajari Tapak Tilas Buya Yahya, SMP Al-Bahjah Cirebon Kunjungi Ponpes Dalwa

0

Bangil, Dalwa Berita – SMP Al-Bahjah Cirebon lakukan kunjungan pertamanya ke Ponpes Dalwa pada Senin (6/2/2023). Kunjungan tersebut dilakukan agar siswa mengetahui tapak tilas Pengasuh Ponpes Al-Bahjah, Buya Yahya, selama masa belajar.

“Agar para siswa mengetahui tapak tilas guru mereka (Buya Yahya) selama belajar dahulu,” ungkap Ustaz Ahmad Muhsin selaku pendamping siswa.

Rombongan yang berjumlah 110 orang itu melakukan ziarah bersama di makam Abuya Habib Hasan bin Ahmad Baharun, Pendiri Ponpes Dalwa yang sekaligus merupakan guru dari Buya Yahya. Kemudian kegiatan dilanjut dengan berkeliling Ponpes Dalwa.

Ahmad Muhsin yang juga merupakan santri lulusan Ponpes Dalwa tahun 2013 itu menyampaikan, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk menanamkan semangat dan keinginan para siswa kelas 9 agar melanjutkan pendidikannya di lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren.

“Kita bawa mereka ke pondok-pondok seperti ini dengan harapan setelah mereka ujian nanti, mereka punya semangat dan keinginan untuk melanjutkan ke pondok pesantren,” ujarnya.

Mendapat sambutan yang hangat dari pihak Dalwa, pria yang telah berhidmah di SMP Al-Bahjah Cirebon selama 7 tahun itu menyampaikan rasa kagum dan terima kasihnya, terutama kepada pihak panitia yang telah menyambut mereka dengan bahasa Arab dari awal kedatangan mereka. Menurutnya, memang hal itulah yang paling mereka harapkan dari kunjungan tersebut.

“Sambutannya luar biasa, kita beneran gak nyangka, juga panitia yang nyambut kita dari awal tadi selalu pakai bahasa Arab yang membuat para siswa tambah seneng,” paparnya.

Walaupun hanya beberapa jam melakukan kunjungan, rombongan siswa tersebut mengungkapkan rasa kagum dan senang mereka karena telah diberi kesempatan untuk berkunjung ke Ponpes Dalwa. Hal itu sebagaimana yang diungkapan oleh salah satu peserta kunjungan, Muhammad Razka Pratama Nugraha.

“Alhamduillah senang sekali bisa lihat Ponpes Dalwa, bisa lihat makam Buya Hasan, guru Buya Yahya,” ucap siswa yang juga seorang penghafal Al-Qur’an tersebut.Sandi/red.

Gustiawan Arqi

UII Dalwa Adakan Workshop bersama Dirjen PTKIS

Previous article

Tentang UII Dalwa, Ini Kata Dr. Thobib Al-Asyhar

Next article

Comments

Leave a reply