beritaEvent PondokIlham Maulidi

Pembacaan Kitab Shohih Bukhori Tahun Ini Telah Dibuka!

0

Bangil, Dalwa Berita – Pondok Pesantren Darullughah Waddawah mengadakan Pembukakan Pembacaan Kitab Shohih Bukhori di Masjid Baitul Ghofar, Rabu Siang (2/2/2022).

Pembacaan Kitab Shohih Bukhori ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di Ponpes Darullughah Waddawah setiap bulan Rajab. Kitab Shohih Bukhori ini langsung dibacakan oleh Al-Habib Abu Bakar Assegaf, kemudian dilanjutkan oleh asatidzah.

“Memang pembacaan ini di bulan Rajab, para salaf sudah menentukannya. Kalau di bulan-bulan yang lain tetap diadakan, seperti pembacaan hadis Riyadussholihin,” ungkap Ustaz Abdul Halim Mahdi Basyaiban.

Beliau juga mengungkapkan pembacaan Shohih Bukhori ini untuk mengikuti jejak para ulama terdahulu yang sering membaca kitab Shohih Bukhori atau Mukhtashor Shohih Bukhori di bulab Rajab.

Ustaz Ali Zainal Abidin mengatakan, pembacaan kitab Shohih Bukhori pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, pembacaan kitab ini dilakukan saat puncak pandemi, sehingga banyak asatidzah yang tidak hadir. Sedangkan di tahun ini, banyak asatidzah yang hadir dalam acara yang diselenggarakan satu tahun sekali ini.

“Tahun ini lebih meriah, dihadiri semua asatidz dan juga yang baca juga banyak,” ujar beliau.

Adapun untuk sistem bacaannya sama seperti yang dilakukan pada tahun lalu, yaitu dibaca secara bergilir oleh setiap kelas tingkat Tsanawi dan Aliyah di makbaroh Abuya Hasan Baharun.

Para santri juga senang mengikuti acara tahunan ini, “Sangat luar biasa, ini perayaan perlu kita ingati sebagai tabarukkan kita kepada Imam Bukhori  yang telah mengumpulkan hadis Nabi,” ujar Abdurrahman, salah satu santri yang mengikuti acara ini.Illham/red.

Atep Abdul Rohman
Pria kelahiran Bandung yang hobi travel ke berbagai tempat menarik.

Evaluasi Belajar Satu Bulan, Santri Ikuti Ikhtibar Syahri

Next article

Comments

Leave a reply