beritaEvent PondokTaslim

Bulan Rajab Tiba, Ponpes Dalwa Adakan Pembacaan Kitab Shohih Bukhori

0

Bangil, Dalwa Berita – Pembacaan kitab Shohih Bukhori di Ponpes Dalwa setiap bulan Rajab telah dimulai pada Senin siang (23/1/2023) di Masjid Baitul Ghoffar.

Pembacaan kitab Shohih Bukhori ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Ponpes Dalwa atas gagasan Abuya Zein Baharun dan Habib Husein bin Abdullah Assegaf, penasihat Ponpes Dalwa.

“(Gagasan) Abuya Habib Zein dengan isyaroh dari Almarhum Habib Husein bin Abdullah Assegaf yang dulunya adalah penasehat pondok Dalwa,” ucap Habib Ahmad bin Abu Bakar Assegaf saat diwawancara oleh pers Dalwa Berita.

Pada acara pembukaan pembacaan kitab Shohih Bukhori, Habib bin Hasan Baharun mengimbau agar para santri menghadiri majlis tersebut dengan adab, karena ruh Nabi Muhammad saw turut hadir di majlis tersebut.

“Karena rohaniahnya Nabi bersama kita, hadirlah dengan adab,” titah beliau kepada para santri.

Beliau juga mengatakan bahwa majlis pembacaan hadis adalah tempat yang dinamakan surga dunia sebelum surga akhirat.

“Inilah tempat yang dinamakan surga sebelum surga,” tutur beliau.

Pembacaan kitab Shohih Bukhori yang dibaca setiap bulan Rajab juga merupakan adat para salaf shaleh di Hadramaut untuk menolak bencana, meminta keamanan dan keberkahan kepada Allah.

“Dibaca setiap Rajab, itu karena adatnya aslafuna assholihun yang tujuannya itu untuk memberikan keamanan, keberkahan dan untuk menahan musibah,” ucap Habib Ahmad bin Abu Bakar Assegaf.

Habib Ahmad juga mengatakan, dibacanya kitab tersebut karena pengarang kitab merupakan penghulu para ahli hadis. Selain itu, Imam Bukhori memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah dan salah satu tanda kemuliaannya adalah makam beliau yang senantiasa mengeluarkan bau yang harum.

“Karena diketahuai dalam sejarah, Imam Bukhori adalah Sayyidul Muhadditsin dan kewaliannya tampak, dan sampai sekarang keluar dari makamnya itu bau yang wangi, itu termasuk satu dari kemuliaan Imam Bukhori,” ungkap beliau.

Habib Muhammad bin Yahya, Wakil Ketua Ikatan Alumni Al-Hasaniyah Dalwa, menyebutkan salah satu hikmahnya membaca hadis Nabi Muhammad saw.

“Di antara hikmahnya itu diadakan supaya mengingatkan umat akan imbauan dari Nabi Muhammad sholallauhu alaihi wa sallam,” sebut beliau.

Pembacaan kitab Shohih Bukhori juga bertujuan untuk menguatkan iman sebelum menyambut bulan Ramadhan.

“Pembacaan hadis termasuk sesuatu yang menguatkan iman,” pungkas Habib Muhammad.Taslim/red.

Gustiawan Arqi

Cahaya Bulan Bintang

Previous article

Qori Internasional Turut Hadiri Pembukaan Pembacaan Shohih Bukhori di Ponpes Dalwa

Next article

Comments

Leave a reply