beritaEvent PondokHilmi

Pembacaan Syair Bahasa Arab Sukses Meriahkan Opening Festival Hari Bahasa Arab Sedunia

0

Bangil, Dalwa Berita – Pertunjukan pembacaan syair bahasa Arab di lapangan utama Ponpes Darullughah Wadda’wah dalam acara Pembukaan Festival Bahasa Arab Sedunia pada Ahad malam (18/12/2022) berhasil memukau penonton.

Syair tersebut dibacakan oleh dua musyaiir (penyair) yang bernama Masyhud dan Abdusyakur. Mereka berdua membawakan syair yang bertajuk Lughatu Al-dhod, artinya bahasa yang di dalamnya terdapat huruf dhod yang termasuk salah satu huruf hijaiyah.

Masyhud memaparkan bahwa syair yang ia baca mengandung makna tentang sebuah bahasa yang pertama kali turun ke bumi, yaitu bahasa Arab sekaligus sebagai bahasa Al-Quran yang hingga kini masih ada dan akan terus ada.

“Bahasa yang mana turun pertama kali di bumi ini, yaitu bahasa Arab yang sekaligus bahasa Qur’an yang indah yang sampai sekarang masih ada pada zaman kita ini, alhamdulillah,” ucap santri Dalwa yang duduk di bangku 3 MTs tersebut.

Meskipun persiapan yang dilakukannya sangat minim, akan tetapi peforma penampilan pada malam acara itu membuat penonton bertepuk tangan gembira.

“Persiapanya (untuk acara ini) seminggu lebih sedikit, tapi alhamdulillah lancar dan penonton juga senang,” ucapnya.

Meskipun begitu, dalam keberhasilan penampilannya ia tetap merasa rendah hati karena senantiasa mengikuti petuah dari gurunya, yaitu Ustaz Segaf Baharun.

“Masya Allah, tapi harus tetap di titik nol. Tidak boleh merasa sombong dan lebih tinggi dari orang lain, seperti yang Ustaz Segaf ajarkan,” ungkapnya.

Hal itu karena ia selalu berpikir untuk tidak memikirkan apa pun di sekitarnya ketika sedang dalam penampilan. Ia menyebutkan salah satu caranya untuk tetap tampil percaya diri di hadapan penonton.

“Sudah tak sebut dalam syair, ‘Saya tidak peduli dengan apa yang melukai saya’,” tukasnya dalam bahasa Arab.

Selain itu, pengalamannya dalam mengikuti lomba baca syair bahasa Arab juga menunjangnya untuk tampil maksimal pada malam tersebut.

“Pernah juga lomba di luar, yang paling penting itu pengalaman nomor satu,” tukasnya.

Ia berharap performanya membuat bangga para guru dan juga sebagai perantara untuk menuju kesuksesan.

“Insya Allah Abuya bangga sehingga bisa menjadi orang sukses serta berada di jalannya Allah,” tukas santri asal Lumajang tersebut.Hilmi/red.

Gustiawan Arqi

Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia 2022, Ini Kata Kepala Bagian Bahasa Arab Ponpes Dalwa

Previous article

Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia, Panitia Adakan Opening FILA

Next article

Comments

Leave a reply